0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 01 November 2022 12:21

Kasus TBC Melonjak, Yamali TB Sulsel: Perlu ada Kesadaran Kolektif

Editor : Rasdiyanah
Ketua Yamali TB Sulsel Kasri Riswadi saat memberikan edukasi terkait bahaya TBC kepada warga di Makassar. Foto: dok
Ketua Yamali TB Sulsel Kasri Riswadi saat memberikan edukasi terkait bahaya TBC kepada warga di Makassar. Foto: dok

Kasus TBC di Indonesia meningkat 145.000 kasus dalam setahun terakhir. Bahkan menempati peringkat nomor 2 di dunia. Hal ini tutut menjadi perhatian Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB).

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh World Health Organization (WHO) dalam publikasinya berjudul Global Tuberculosis Report, di tahun 2022 Indonesia kini naik ke peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India. Sebelumnya Indonesia masih menempati peringkat ketiga.

Ketua Yayasan Masyrakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Sulsel Kasri Riswadi, melalui keterangan tertulisnya menyatakan bahwa persoalan TBC ini memang sudah harus menjadi perhatian bersama semua pihak tanpa terkecuali.

"Persoalan ini membutuhkan kesadaran kolektif kita, bahwa TBC bukan hanya menjadi peran pihak terkait. Semua perlu berkerja sama dan bersatu menanggulanginya," ujar Kasri, Selasa (1/11/2022). 

Baca Juga : Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Sulawesi Selatan Tertinggi Nasional

"Dari sisi masyarakat kita sebagai komunitas sudah bergerak bersama Kader-kader TB, Manager Kasus dan patient Supporter dalam hal upaya penemuan kasus baru maupun pendampingan psikososial, namun tetap saja itu belum cukup, perlu lebih banyak pihak lagi," lanjut Kasri. 

Ia menambahkan, jika semua komponen masyarakat terlibat dalam penanggulangannya, maka tidak mustahil penyakit TBC dapat kita kurangi bahkan sirna dan target eliminasi TBC dapat terwujud.

Penyakit TBC sendiri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman micobacterium tuberculosis dan dapat menjangkiti semua orang tanpa tebang pilih, agama, etnis, atau bangsa. Sejak ditemukan pada 24 Maret 1882, endemi TBC memang tak kunjung usai hinga saat ini.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Libatkan Lintas Sektoral Tangani Penyakit TBC pada Anak dan Remaja

Sebelumnya, Ketua tim kerja TBC dan ISPA Kemenkes RI, Tiffany Tiara Pakasi dalam kegiatan The SDGS National Seminar Series yang diselenggarakan oleh Bakrie Center Fountation juga membenarkan perihal data WHO terkait TBC. 

“Jadi pada kamis 27 Oktober lalu,  WHO baru saja mempublikasikan report yang bertajuk Global TBC Report, nah di sini negara kita Indonesia naik peringkat jadi urutan nomor 2 di dunia setelah India dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia," ujar Tiffany, Senin (31/10/2022). 

Meningkat 145.000 dalam Setahun

Ia juga menambahkan bahwa estimasi kasus TBC di Indonesia meningkat sebanyak 145 ribu kasus dalam satu tahun ini. “Negara kita yang sebelumnya jumlah kasus TBC hanya sebesar 824 ribu naik menjadi 969 ribu dan jumlah kematian yang naik menjadi 144 ribu," tambahnya.

Baca Juga : WHO Akan Evakuasi Pasien dari Tiga RS di Gaza yang Diserang Israel

Selain itu, melalui seminar tersebut pakar lain juga menambahkan bahwa jumlah kematian yang disebabkan oleh TBC di Indonesia, setara dengan tiga orang setiap satu menitnya.

“Dari jumlah 144 ribu tadi kalau kita bagi, dalam satu jamnya ada sekitar 16 orang di Indonesia yang meninggal karena kasus TBC atau setara dengan 3 orang di tiap satu menitnya," tambah Ketua Organisasi Profesi Indonesia untuk penangangulangan TBC (KOPI TB) dr. Erlina Burhan.

Dengan jumlah kasus yang terus bertambah tersebut, Erlina mengungkapkan diperlukan gaya baru atau Inovasi baru dalam upaya penanggulangan TBC mulai dari obat, vaksin hinga alat diagnostik baru.

Baca Juga : WHO: Serangan Israel ke Rumah Sakit Al-Shifa di Jalur Gaza Tidak Dapat Diterima

“Kalau jumlahnya yang bertambah terus, kita harus akui cara lama sudah tidak lagi bisa digunakan, kita perlu cara-cara baru dalam penaggulangan penyakit ini seperti obat baru, vaksin baru, regimen baru, hingga alat diagnostik baru yang mudah digunakan dan efisien," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar