0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 18 November 2022 21:18

Cuaca Ekstrem Sehari, Danny Pomanto Keluarkan Instruksi Siaga untuk Semua Jajaran

Penulis : wiwi amaluddin
Editor : Rasdiyanah
Banjir terjadi di hampir seluruh kelurahan di Kota Makassar Jumat (18/11/2022) hari ini. Foto: ist
Banjir terjadi di hampir seluruh kelurahan di Kota Makassar Jumat (18/11/2022) hari ini. Foto: ist

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto merespons cuaca ekstrem yang terjadi hari ini. Ia meminta untuk semua jajaran untuk siaga dan bergerak cepat.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Tingginya curah hujan di Kota Makassar membuat hampir seluruh kelurahan di Kota Makassar terdampak banjir, termasuk pohon-pohon tumbang.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto langsung bergerak cepat untuk penanganan awal, dan meminta semua jajaran di Pemerintah Kota Makassar untuk siaga. 

Dalam instruksinya, Danny Pomanto sapaan akrabnya, meminta camat dan lurah agar turun langsung memantau kondisi waga, utamanya bagi yang membutuhkan evakuasi.

Baca Juga : Danny Respon Baik Rencana Pendataan Potensi Desa/Kelurahan BPS

“Saya minta semua harus gerak cepat. camat dan lurah buat laporan update setiap saat agar bisa terpantau dengan cepat. RT/RW juga demikian,” ujar Danny, Jumat (18/11/2022).

Kedua, seluruh SKPD segera menurunkan semua kekuatan personel, peralatan dan kendaraan yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat.

"Para sekretaris badan dan dinas serta sekretaris camat hingga lurah segera mempersiapkan penyaluran logistik dan konsumsi ke semua tempat pengungsian dan rumah yang terdampak," kata Danny. 

Baca Juga : Danny Ajak Alumni Fakultas Hukum Unhas Majukan Pemerintahan Lewat Produk Hukum

Tak hanya camat dan lurah, Danny juga meminta kepada seluruh Asisten 1-3 membagi kewajiban setiap SKPD dengan menyiapkan konsumsi siap saji.

"Staf Ahli bersama tim kesehatan bertugas memonitoring kondisi kesehatan warga yang terdampak baik di lokasi pengungsian maupun di rumah-rumah warga," lanjutnya. 

Sementara, untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Dinas Perhubungan agar menurunkan seluruh kekuatan penuh untuk membantu proses evakuasi hingga pengungsian warga.

Baca Juga : Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur Sumbangan

PDAM dan PMK juga diperintahkan oleh Danny, untuk segera menyuplai air bersih ke daerah terdampak banjir dan tempat pengungsian.

“Kita bagi tugas untuk menyelamatkan warga kita dulu dan tetap memperhatikan segala kebutuhannya dari air hingga makanannya. Semua BUMD juga saya arahkan membantu menurut kemampuannya masing-masing,” imbaunya.

Untuk kondisi saat ini, kata Danny. semua pihak harus saling bekerja sama. Olehnya itu, ia juga meminta seluruh warga agar terus menjaga dan mengawasi anak di bawah umur, orang tua, dan orang sakit.

Baca Juga : Ketua TP PKK Kota Makassar Hadiri Pemuda Fest, Ajak Pemuda Wujudkan Makassar Low Carbon City

“Hindari jaringan listrik, drainase dan sebaiknya berada di dalam rumah jika dalam kondisi aman dari banjir. Namun, ketika rumah kebanjiran segera lakukan evakuasi oleh tim yang standby di lokasi untuk diungsikan,” pinta Danny.

Penyampaian penting ini disampaikan Danny secara langsung melalui grup WhatsAap Kordinasi SKPD dan ditindaklanjuti oleh para stakeholder terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar