0%
Jumat, 20 Januari 2023 23:03

Mitigasi Pengadaan Alat dan Obat Kontrasepsi, BKKBN Sulsel Gandeng BPKP

Penulis : wiwi amaluddin
Editor : Rasdiyanah
Rapat Perencanaan Pengadaan Alokon di Hotel Grand Imawan Makassar, Jum'at (20/01/2023). Foto: Portalmedia.id/Al Fath
Rapat Perencanaan Pengadaan Alokon di Hotel Grand Imawan Makassar, Jum'at (20/01/2023). Foto: Portalmedia.id/Al Fath

BKKBN Sulsel menggandeng BPKP dalam rangka mitigasi atau upaya menguragi risiko dari pengadaan alat dan obat kontasepsi (alokon) di Sulsel.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengidentifikasi, pendampingan dan memitigasi dalam proses pengadaan Alat dan Obat Kontrasepsi (Alokon).

Hal ini dilakukan BKKBN Sulsel dengan menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani mengungkapkan bahwa pendampingan BPKP dalam proses pengadaan alokon ialah upaya mewujudkan proses pengadaan alokon sesuai aturan.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Sulsel

“Saya berharap seluruh peserta dapat memberikan masukan dalam pengadaan alokon ini, sehingga apa yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan risiko kesalahan bisa kita minimalisir bersama” ujar Andi Rita, sapaannya, dalam Rapat Perencanaan Pengadaan Alokon di Hotel Grand Imawan Makassar, Jumat (20/01/2023).

Sambungnya ia menekankan agar panitia memperhatikan setiap tahapan pengadaan, mencakup proses perencanaan, perkiraan, persiapan dan pasokan kebutuhan alokon.

“Seluruh proses pengadaan agar diidentifikasi secara baik, harus sesuai aturan, lakukan analisis harga dan kebutuhan, lakukan perhitungan jumlah kebutuhan secara tepat, termasuk alur pengiriman dan penerimaan alokon” sambungnya.

Dukung Program Bangga Kencana dan PPS

Baca Juga : Patut Dicontoh, Ini Kunci Kabupaten Barru Turunkan Stunting di Angka 14,1 Persen

Apalagi pengadaan alokon dilakukan untuk menjamin ketersediaan pasokan di fasiltas kesehatan sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat guna mendukung pencapaian sasaran program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting (PPS).

“Pengadaan Alokon ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna mendukung pencapaian sasaran program kita seperti TFR, CPR dan Unmeet Need” ujar Andi Rita

Terakhir, Andi Rita berharap agar pihak BPKP Sulsel memberikan penguatan dan pendampingan terhadap proses pengadaan alokon yang akan dilaksanakan pada bulan Januari ini.

Baca Juga : Kampung KB Wattang Bacukiki Parepare Torehkan Prestasi Terbaik Tingkat Provinsi Sulsel

“Banyaknya permintaan darurat tahun lalu mengindikasikan perlu dilakukan perhitungan ulang secara tepat tiap kabupaten kota, kita berharap permintaan darurat serupa dapat kita minimalisir di tahun ini” tutup Andi Rita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar
Populer