0%
Kamis, 26 Januari 2023 08:42

2.450 Jiwa di Pelosok Seko Lutra Telah Tersentuh Air Bersih

Editor : Rahma
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani saat meresmikan program program PAMSIMAS di Kecamatan Seko belum lama ini (Ist)
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani saat meresmikan program program PAMSIMAS di Kecamatan Seko belum lama ini (Ist)

PAMSIMAS tersebut adalah salah satu upaya pemda Luwu Utara dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah terpencil.

PORTALMEDIA.ID, LUWU UTARA-- Layanan air bersih kini dinikmati oleh 2.450 jiwa masyarakat yang berada di Kecamatan Seko Luwu Utara, pasca diresmikannya enam program PAMSIMAS aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi.

Enam PAMSIMAS yang diresmikan diantaranya Pokmas Sangka-sangka Desa Padang Raya, Pokmas Pasali Desa Padang Balua, Pokmas Matanino Desa Taloto, Pokmas Takkea Desa Embonatana, Pokmas Bersinar Desa Tanamakaleang, dan Pokmas Marantena Desa Marante.

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengatakan, sebelum menggunakan air masyarakat terlebih dahulu perlu memastikan layak tidaknya air tersebut digunakan. Yakni dengan cara memastikan air tersebut jernih tidak berwarna, tidak bau dan tidak berasa saat dikonsumsi.

Baca Juga : Hadapi Arus Mudik Lebaran, Muhammad Fauzi Tekankan Pemerintah Persiapkan Diri

"Ada tiga kriteria atau cara untuk mengetahui air layak dan aman untuk dikonsumsi, pertama pastikan air tersebut tidak berwarna, kedua pastikan airnya tidak berbau, dan ke tiga tidak berasa maksudnya saat dikonsumsi air tersebut tidak asin, asem dan lainya," kata Indah.

Istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi itu menambahkan, PAMSIMAS tersebut adalah salah satu upaya pemda Luwu Utara dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih dan layak untuk dikonsumsi untuk masyarakat hingga ke wilayah terpencil.

" Masih banyak salah paham kenapa daerah terpencil atau pegunungan tetap membutuhkan PAMSIMAS. Padahal di pegunungan banyak sumber airnya. Daerah pegunungan memang sumber airnya banyak, akan tetapi tidak semua air itu layak untuk di konsumsi " tegas Indah.

Baca Juga : Jangan Percaya!! Nama Muhammad Fauzi Dicatut Penipu Tawarkan Program Palsu

" Maka dari itu komitmen pemda Luwu Utara untuk menghadirkan layanan air bersih untuk seluruh masyarakat. Saya minta ini dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas DPUTRPKP2 Luwu Utara, Muharwan menjelaskan seluruh program PAMSIMAS yang masuk di Kecamatan Seko pada tahun 2022 bersumber dari APBN Kementerian PUPR aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi.

" PAMSIMAS yang diresmikan ini semuanya kegiatan tahun 2022, ada enam program yang masuk di Kecmatan Seko, semuanya aspirasi dari bapak Muhammad Fauzi," ungkap Muharwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar
Populer