0%
Kamis, 26 Januari 2023 10:50

Cegah Politik Identitas di Pemilu 2024, Bawaslu Sulsel : Ormas Islam Perlu Diedukasi

Penulis : wiwi amaluddin
Editor : Rahma
Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Menurut Laode masing-masing ormas harus memberikan pendidikan politik kepada para anggotanya

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengungkapkan pentingnya merangkul dan memberi edukasi kepada organisasi masyarakat (Ormas) termasuk ormas Islam dalam meningkatkan partisipasi Pemilu 2024. Termasuk mencegah politik identitas.

Hal ini dikatakan Laode Arumahi ketika ditemui awak media selepas mengikuti Webinar Partisipasi Ormas dalam Rangka Pendidikan Pemilu 2024 di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (25/1/2023) kemarin.

"Kegiatan tadi itu dilaksanakan oleh Kemendagri Ditjen Bidang Politik dengan tema mengenai partisipasi organisasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu, dan sumbernya itu tadi ada dari KPU, kemudian PBNU, Lemhanas, ada dari Pimpinan Muhammadiyah," bebernya.

Baca Juga : Uang Beredar saat Pemilu Tembus Rp8.739,6 Triliun

Ia juga menyinggung terkait kerawanan politik identitas yang kerap dimanfaatkan kelompok tertentu untuk dijadikan mainan politik dalam meraih kekuasaan di pesta demokrasi lima tahunan. Politik identitas kata dia hampir terjadi di seluruh Indonesia, termasuk Sulsel.

Olehnya, menurut Laode masing-masing ormas harus memberikan pendidikan politik kepada para anggotanya tentang bagaimana memilih pemimpin atau wakil rakyat yang baik dan benar.

"Masing-masing ormas harus memberikan edukasi, pendidikan politik kepada warganya anggotanya untuk menggunakan hak pilihnya tanpa memandang dari sisi identitas seseorang tetapi diminta supaya mereka meneliti dan mengetahui rekam jejak masing-masing calon," terangnya.

Baca Juga : Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Sulsel Lampaui Target Nasional

Sambung Laode, pada prinsipnya masing-masing ormas khususnya ormas besar dapat siap mensukseskan pemilu dan menggerakkan anggotanya untuk berpartisipasi dalam menghadapi hak pilihnya.

Selain itu, ormas dapat ikut juga mengawal proses pelaksanaan pemilu."Saya kira saya sebagai (Ketua) Bawaslu sangat merespon (baik) itu karena itu terkait dengan tugas Bawaslu," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar
Populer