0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Rabu, 30 Agustus 2023 17:06

Pelaku Penipuan Tawarkan Pekerjaan di Medsos Ditangkap, Begini Modusnya

Penulis : Aldy
Editor : Rahma
Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Sangking liciknya, pelaku juga menggunakan akun palsu guna meyakinkan korban.

PORTAL MEDIA. ID, MAKASSAR- Pelaku penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan melalui media sosial (Medsos) di Makassar dibelikan polisi. Pelaku tersebut bernama Andi Firman.

Kasubnit II Jatanras Satreskrim Polrestabes Makassar Ipda Nasrullah M mengatakan, pelaku melancarkan aksinya dengan menyebarkan informasi lowongan pekerjaan di media sosial.

Pelaku memasang iklan lowongan pekerjaan di Facebook, setelah itu korban ini menghubungi kontak yang tertera. Korban dijanjikan akan bekerja sebagai penjaga toko," jelas Nasrullah, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga : Puluhan Remaja Ugal-ugalan Berdalih Berbagi Takjil Diamankan Polisi

Informasi itu disebarkan pelaku melalui medsos Facebook. Sangking liciknya, pelaku juga menggunakan akun palsu guna meyakinkan korban.

Pria 23 tahun itu kemudian dibekuk Unit Anti Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Satreskrim Polrestabes Makassar di lokasi persembunyiannya di sekitar Jalan Biring Romang, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Selasa (29/8/2023).

Korban pun akhirnya dikonfirmasi akun fiktif itu untuk menghadiri panggilan tes untuk masuk kerja. Korban yang mengaku tidak memiliki kendaraan pribadi untuk digunakan ke lokasi wawancara pun ditawarkan oleh pelaku untuk dijemput.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Pallawa 2024 Digelar 14 Hari, Ini Sasarannya

"Pelaku disitu bilang mau menjemput korban untuk dibawa ke lokasi pekerjaannya nanti," bebernya.

Setelah pelaku menjemput korban, niat jahat yang telah direncanakan oleh pelaku lantas muncul. Pelaku berpura-pura singgah di salah satu minimarket untuk membeli minuman.

Kala itu, pelaku beralasan untuk meminjam handphone korban lantaran handphone milik pelaku mati. Korban dengan polosnya menyerahkan handphonenya ke pelaku tanpa rasa curiga. Tak lama pelaku pun kabur meninggalkan korban.

Baca Juga : Wajib Tahu, Urus SKCK di Polrestabes Makassar Harus Terdaftar BPJS Kesehatan

Tak sampai disitu, pelaku ini bahkan menghubungi beberapa rekan korban menggunakan handphone yang dicurinya lalu meminta sejumlah uang.

"Handphone korban juga digunakan oleh pelaku untuk menipu beberapa rekan korban, dia seolah-olah menjadi korban lalu meminta pinjaman ke rekan korban," ucap Nasrullah.

Untuk saat ini pelaku pun sudah berada di Mapolrestabes Makassar guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. Barang bukti yang diamankan juga berupa satu buah handphone milik korban dan satu kendaraan roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar