0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 04 September 2023 21:47

52 Mantan Napi Berebut Kursi Legislatif, Ada Susno Duadji hingga Nurdin Halid

Editor : Agung
52 Mantan Napi Berebut Kursi Legislatif, Ada Susno Duadji hingga Nurdin Halid
ist

Belakangan Indonesia Corruption Watch (ICW) mengeluarkan catatan mereka terkait mantan terpidana korupsi yang maju sebagai bacaleg.

PORTALMEDIA.ID - Pesta demokrasi sudah di depan mata. Tak heran kalau nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) sudah muncul ke publik untuk 'tes ombak; alias melihat respon dari masyarakat.

Namun, belakangan yang menghebohkan adalah persoalan mantan narapidana yang berniat mencalonkan diri menduduki kursi 'istimewa' tersebut.

Belakangan Indonesia Corruption Watch (ICW) mengeluarkan catatan mereka terkait mantan terpidana korupsi yang maju sebagai bacaleg. Tak lama setelah ICW, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis nama-nama tersebut, tercatat sebanyak 52 bacaleg DPR RI dan 15 bacaleg DPD RI yang merupakan eks terpidana.

Baca Juga : JPU KPK Tuntut Eks Pejabat Kemendagri 5 Tahun Penjara

Sebagaimana diketahui, Mantan narapidana yang telah menghirup udara bebas selama lima tahun diizinkan untuk menjadi calon anggota legislatif di Pemulu 2024.

KPU merekapitulasi data tersebut merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengatur soal mantan terpidana maju caleg.

Dalam putusan MK Nomor 87/PU-XX/2022 yang kita turunkan secara teknis dalam PKPU Nomor 10 tahun 2023 khususnya pasal 11 dan 12 menyampaikan data tersebut untuk pemenuhan informasi.

Baca Juga : Bacaleg PSI Sulsel Masih Lemah, DPW: Cukup Berat di Provinsi

Mantan Terpidana Berdasarkan Daftar Calon Sementara Anggota DPR RI

Dilansir dari CNBC, Senin (4/9/23) jumlah eks narapidana berdasarkan Parpolnya yakni 52 Eks Napi dari Golkar, 9 dari PKB, 6 dari Nasdem, 6 dari Hanura, 5 dari PDIP, 4 dari PAN, 4 dari Perindo, 4 dari Demokrat, 3 dari Partai Buruh, 3 dari Gerindra, 2 dari PPP, 2 dari PKS, 1 dari PSI, 1 dari Garuda, 1 dari Partai Ummat.

Berdasarkan data sementara tersebut, bacaleg mantan terpidana itu paling banyak berasal dari partai Golkar kemudian posisi kedua diikuti oleh partai PKB, dan selanjutnya ada NasDem.

Baca Juga : Kebakaran di Ceddie Parepare, Putra Wawali Parepare Salurkan Bantuan

Salah satunya yang sempat heboh yakni, Nurdin Halid yang kini maju ke DPR RI dapil Sulsel II. Dulunya Nurdin menjadi tersangka Korupsi Distribusi Minyak Goreng Bulog.

Selain Nurdin, Susno Duadji juga maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Sumsel II. Susno pernah ramai dibahas lantaran tersangka kasus Korupsi pengamanan Pilkada Jawa Barat 2009 dan korupsi penanganan PT Salmah Arowana Lestari. 

Ini tentu menjadi sorotan. Pasalnya pemilu yang diagendakan lima tahun sekali ini pasti memberikan banyak harapan bagi rakyat Indonesia. Rakyat berharap adanya perbaikan demokrasi melalui sosok-sosok berintergrasi di kursi 'istimewa' tersebut.

Baca Juga : Asah Kreatifitas, Warga Binaan Sulap Limbah Batok Kelapa Jadi Miniatur Perahu Phinisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar