0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Minggu, 24 Desember 2023 22:24

Silaturahmi ke Pengurus PKK Pangkep, Sofha Marwah Bahtiar Tekankan Percepatan Penurunan Stunting

Editor : Dewa
Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, bersilaturahmi dengan pengurus PKK Pangkep.
Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, bersilaturahmi dengan pengurus PKK Pangkep.

TP PKK Pangkep berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan melaksanakan program untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

PORTALMEDIA.ID, PANGKEP - Kunjungan silaturahmi dalam rangka monitoring dan evaluasi program PKK terus dilakukan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar di kabupaten dan kota se Sulsel. Sabtu, 23 Desember 2023, Sofha Marwah berkunjung ke Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

Tiba di Rumah Jabatan Bupati Pangkep, Sofha Marwah dan rombongan disambut oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau dan Ketua TP PKK Pangkep Nurlita Wulan Purnama. Tarian dari para Bissu, turut ditampilkan menyambut kedatangan Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel ini.

Dalam arahannya, Sofha Marwah menyampaikan jika Kabupaten Pangkep merupakan daerah ke 22 yang ia kunjungi untuk monitoring dan evaluasi sekaligus bersilaturahmi dengan para pengurus PKK dan Dekranasda. Iapun menekankan terkait masalah stunting, yang harus terus digenjot. Apalagi, stunting di Sulsel masih sangat tinggi, yakni 27 persen.

Baca Juga : Beri Ruang UMKM, PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

"Stunting ini masalah nasional. Sulsel 27 persen, harus kita turunkan minimal 14 persen. Butuh komitmen bersama untuk dilakukan percepatan," kata Sofha Marwah.

Saat ini, kata Sofha Marwah, sudah ada aplikasi Inzting (Ikhtiar Menzerokan Stunting) yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Pendataan yang tepat, akan membuat proses percepatan penurunan stunting lebih mudah dilakukan, karena intervensinya tepat sasaran.

"Untuk memudahkan pendataan agar intervensi tepat sasaran, semua kabupaten kota pakai aplikasi ini," ujarnya.

Baca Juga : Buka Trend Hijab Ekspo 2024, Sofha Marwah Harap Brand Lokal Tembus Pasar Global

Sementara, Ketua TP PKK Pangkep, Nurlita Wulan Purnama, mengaku bangga dan bahagia atas kunjungan Ketua PKK Sulsel ke Kabupaten Pangkep. Baginya, kunjungan ini bukan sebatas silaturahmi, tapi sekaligus momentum untuk memaparkan capaian dan program prioritas TP PKK Pangkep sepanjang tahun 2023, yang tidak lepas dari bimbingan PKK Sulsel.

"TP PKK Pangkep berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan melaksanakan program untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Nurlita.

Ia memaparkan, program PAAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital) sudah dilaksanakan di 13 kecamatan. Sedangkan untuk Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi atau Gelari Pelangi, telah dibuat satu lokus yang menjadi piloting di Kabupaten Pangkep.

Baca Juga : Kembali Berpartisipasi di Inacraft, Dekranasda Sulsel Pamerkan Kerajinan Karya Penyandang Disabilitas

PKK Pangkep juga melaksanakan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman), yang terintegrasi dengan program ketahanan pangan. Sementara khusus untuk stunting, ungkap Nurlita, angka stunting di Pangkep 10 persen pada tahun 2023 ini, mengalami penurunan 0,6 persen dibanding tahun 2022 lalu.

"Kami telah memiliki 86 rumah gizi dari 103 desa dan kelurahan di Kabupaten Pangkep. Kami juga berupaya mengatasi masalah kemiskinan ekstrem dengan membantu menurunkan beban pengeluaran masyarakat dan meningkatkan pendapatan mereka melalui sejumlah program," terangnya.

Pembagian bibit cabai dan pisang, juga dilakukan TP PKK Pangkep. Untuk program Rumah Dilan (Rumah Pendidikan dan Keterampilan) sudah terbentuk 15, yang tersebar di 13 kecamatan.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Pj Ketua PKK dan Dekranasda Luwu dan Wajo

"Kami juga membina 3.200 UMKM. Dan pada tahun 2024 nanti, kami sudah menyiapkan aksi kolaboratif terintegrasi bersama sejumlah pihak terkait," kata Nurlita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar