0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 06 Februari 2024 09:40

Jokowi Minta Badan Usaha Otorita dan INA Kerja Sama Tarik Investor Asing ke IKN

Editor : Agung
IKN
IKN

Kerja sama BUO IKN dengan INA akan dibicarakan lebih lanjut untuk menyusun teknis investasi asing di IKN.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo meminta Badan Usaha Otorita (BUO) bekerjasama dengan Indonesia Investment Authority (INA) atau Otoritas Investasi Indonesia untuk menarik investor asing ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Direktur Utama BUO IKN, Boyke Nugraha. Dia mengatakan, saat ini kepercayaan investor asing terhadap Otoritas Investasi Indonesia sedang tinggi.

"Arahan bapak presiden kami itu diminta berkolaborasi dengan INA. karena INA saat ini itu sepertinya sangat dipercaya oleh investor asing. Ini dalam untuk investor asing (masuk) setelah investor dalam negeri," ujar Boyke usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2/2024).

Baca Juga : Progres Rusun ASN di IKN Capai 40%

"Tentu BUO akan melaksanakan itu. Karena fungsi kami sebagai master developer itu harus menyiapkan prasarana dan sarananya. Termasuk lahan tanah itu," jelasnya.

Menurut Boyke kerja sama BUO IKN dengan INA akan dibicarakan lebih lanjut untuk menyusun teknis investasi asing di IKN.

Sehingga pemerintah nantinya punya pedoman teknis saat akan menindaklanjuti potensi investasi asing ke Nusantara.

Baca Juga : Brunei Gagas Kereta Cepat Tembus IKN

Boyke mencontohkan ketika ada perusahaan asing ingin berinvestasi di IKN akan dirinci untuk bidang apa dan lokasi mana yang diinginkan untuk menanamkan modal.

"Nanti tinggal perusahaan asing itu akan masuk di per seal yang mana, akan bangun apa. Karena di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seluas 6 ribuan sekian hektare itu sudah jelas, bukan tanah hamparan yang tidak terzonasi, tapi per seal-nya sudah jelas," jelas Boyke.

Dia menambahkan, pemerintah saat ini sedang menyusun skema investasi untuk bidang energi, transportasi dan telekomunikasi di IKN.

Baca Juga : Jokowi Kurang Sreg, Desain Istana Wapres di IKN Direvisi

Sebelumnya, pada November 2023 lalu, Presiden Jokowi mengatakan, belum ada satu pun investasi asing yang masuk ke IKN.

Namun, Presiden meyakini investor luar negeri akan segera masuk ke IKN setelah investor dalam negeri bergerak.

"Sampai saat ini belum ada (investasi asing). Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di San Fransisco, Amerika Serikat, pada 16 November 2023.

Baca Juga : Basuki Bilang Luhut Kaget Rumah Dinas Menteri di IKN Kecil

Menurut Kepala Negara, pada tahap pertama ada sejumlah bidang yang diprioritaskan untuk investasi asing di IKN, yakni pendidikan, kesehatan serta teknologi.

Dalam perkembangannya, Kepala Negara kemudian mengeklaim sudah ada investor asing yang masuk dalam investasi di IKN.

Jokowi menyebut, investor asing yang masuk itu bekerja sama dengan investor lokal untuk menanamkan modalnya dalam proyek-proyek pembangunan di Nusantara

Baca Juga : Basuki Sebut Luhut Binsar Protes Rumah Dinas Menteri di IKN Kecil

"Selama yang di domestik masih berbondong-bondong saya kira—tapi juga sebetulnya yang investor dalam negeri pun sebetulnya itu pun sudah partner-an sama yang asing," ujar Jokowi saat meninjau progres pembangunan Hotel Nusantara di IKN pada 20 Desember 2023.

"Satu-dua saya tahu sudah partner-an dengan asing. Sebetulnya juga sama saja," tegasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar