0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Kamis, 08 Februari 2024 14:29

Survei LKSP: Anies-Muhaimin 32,41% Ungguli Prabowo-Gibran 32,02%

Editor : Agung
Lembaga Kajian Startegi dan Pembangunan (LKSP)
Lembaga Kajian Startegi dan Pembangunan (LKSP)

Hasil survei LKSP paslon Anies - Muhaimin (AMIN) diperkirakan mendapat suara sebesar 32,41% mengungguli Prabowo - Gibran 32,02%. Kemudian Ganjar Pranowo - Mahfud MD 19,52%

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Pemilu Presiden 2024 berlangsung dua putaran berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Startegi dan Pembangunan (LKSP) secara nasional.

Itu karena terjadi persaingan ketat antara pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden 01 dan 02. Bahkan, perolehan hasil dari survei LKSP paslon Anies - Muhaimin (AMIN) diperkirakan mendapat suara sebesar 32,41% mengungguli Prabowo - Gibran 32,02%.

Kemudian Ganjar Pranowo - Mahfud MD 19,52% dan sisanya sebesar 16,05% menyatakan belum menentukan pilihan.

Baca Juga : Gerindra Menuju Tiga Kursi di Dapil 7 Sulsel versi PT GSI

"Hasil suara tersebut diperkirakan pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran," ungkap Peneliti LKSP Subhan Akbar di sekitar Jalan Margonda, Rabu (7/2/2024).

Subhan Akbar menjelaskan survei skala nasional dilakukan ini untuk mengetahui apakah Pilpres 2024 berlangsung satu putaran atau dua putaran.

Hasilnya kata dia diperkirakan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran yang selama ini di media menginformasikan satu putaran.

Baca Juga : Survei ARCHI di Sulsel: Probowo-Gibran 46,71%, Anies-Muhaimin 31,29%, Ganjar-Mahfud 20,82%

"Survei ini diselenggarakan untuk menjawab penyelenggara pilpres itu berlangsung satu putaran atau dua putaran," kata Subhan Akbar.

Subhan menjelaskan survei nasional yang dilaksanakan pada 1-8 Januari 2024, menggunakan metode multi stage random sampling kepada 2.185 responden yang dipilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024 yang dikeluarkan KPU.

Survei dilakukan dengan cara tatap muka kepada responden terpilih di wilayah-wilayah yang sudah ditentukan berdasarkan empat tahap penetapan kerangka sampel. Hasil survei ini juga menunjukkan adanya lokalisasi dukungan ke masing-masing paslon.

Baca Juga : Survei IPE: Ganjar-Mahfud 35,1%, Prabowo-Gibran 32,2%, dan Anies-Muhaimin 27,1%

Pasangan Anies - Muhaimin diketahui banyak mendapat suara dari wilayah Sumatera Bagian Utara, Jakarta dan Jawa Barat. Sementara Prabowo - Gibran mendapat dukungan masif dari wilayah Sumatera Bagian Selatan, Banten dan sebagian kecil di Jawa Timur.

Sedangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat dukungan paling besar dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan beberapa wilayah di luar Jawa.

Basis pemilih kita sangat heterogen, punya preferensi masing-masing terhadap figur yang akan dipilihnya.

Baca Juga : Elektoral PDIP Masih Teratas, Berikut 10 Partai Tak Lolos DPR Versi Survei Indikator

"Anies Baswedan banyak dipilih oleh masyarakat perkotaan dan terdidik karena dianggap cerdas, pandai mendeskripsikan suatu permasalahan," katanya.

Prabowo lebih banyak dipilih oleh masyarakat pedesaan yang menganggap mantan Danjen Kopassus itu tegas dan berwibawa.

Sementara Ganjar Pranowo lebih banyak didukung masyarakat karena dianggap lebih merakyat.

Baca Juga : Cek, Ini 63 Lembaga Survei Kredibel Terdaftar untuk Pemilu 2024

Sementara itu Jika terjadi dua putaran, kemungkinannya ada tiga versi, yakni yang lolos bisa Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran, atau Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, kemudian Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

"Tapi menurut saya yang lolos kemungkinan Prabowo dan Anies, kemungkinan itu berdasarkan data survei terakhir ya," ungkap Pengamat Pospol UNJ Ubedilah Badrun.

"Asal Anies tidak melakukan blunder dalam hari-hari ke depan ini, tapi kalau blunder satu saja nanti yang muncuk Prabowo-Ganjar," kata Ubedilah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar