0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 09 Februari 2024 16:11

AS Ingatkan Israel Menyerang Kota Rafah di Palestina Bakal Jadi Bencana

Editor : Alif
AS Ingatkan Israel Menyerang Kota Rafah di Palestina Bakal Jadi Bencana
ist

Amerika memperingatkan Israel bahwa melakukan serangan militer ke kota Rafah di Gaza selatan tanpa perencanaan yang tepat akan berisiko menjadi "bencana."

PORTAMEDIA.ID - Amerika memperingatkan Israel bahwa melakukan serangan militer ke kota Rafah di Gaza selatan tanpa perencanaan yang tepat akan berisiko menjadi "bencana."

Pasukan Israel pada Kamis (8/2) melancarkan serangan bom ke kota perbatasan selatan Rafah, tempat lebih dari separuh penduduk Gaza berlindung.

Serangan ini dilakukan di tengah upaya para diplomat merundingkan adanya gencatan senjata di Jalur Gaza dan PM Israel Benyamen Netanyahu menolak proposal Hamas.

Baca Juga : Presiden Palestina Salahkan Hamas soal Agresi Israel di Gaza

Sebagai tanda bahwa diplomasi belum berakhir dalam upaya terbesar yang dipimpin Washington untuk meredam senjata, delegasi Hamas yang dipimpin oleh pejabat senior Khalil Al-Hayya tiba di Kairo pada hari Kamis untuk melakukan pembicaraan gencatan senjata dengan mediator Mesir dan Qatar.

Netanyahu mengatakan pada hari Rabu (7/2) bahwa persyaratan yang diusulkan oleh Hamas untuk gencatan senjata dalam perang yang telah berlangsung selama empat bulan itu adalah "khayalan".

Ia berjanji untuk terus berjuang, dengan mengatakan kemenangan sudah di depan mata dan hanya berjarak beberapa bulan lagi.

Baca Juga : Erdogan Ungkap Lebih 1.000 Anggota Hamas Dirawat di RS Turki

Warga Gaza sangat berharap gencatan senjata dapat dicapai pada waktunya untuk mencegah ancaman serangan Israel terhadap Rafah, yang terletak dekat dengan pagar perbatasan selatan Gaza, yang sekarang menjadi rumah bagi lebih dari satu juta orang, banyak dari mereka berada di tenda-tenda darurat.

"Operasi Israel di Rafah tanpa mempertimbangkan penderitaan warga sipil akan menjadi "bencana". Kami tidak akan mendukungnya," kata juru bicara Gedung Putih John Kirby.

Pesawat-pesawat Israel mengebom beberapa bagian kota pada Kamis (8/2) pagi, kata penduduk, menewaskan sedikitnya 11 orang dalam serangan terhadap dua rumah.

Baca Juga : Ratusan Ribu Warga Palestina Tinggalkan Rafah di Tengah Gempuran Israel

Tank-tank juga menembaki beberapa daerah di Rafah timur, meningkatkan ketakutan warga akan serangan darat yang akan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar