0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 12 Maret 2024 08:12

Pemda Lutra Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Editor : Agung
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan dan Penentuan Zakat
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan dan Penentuan Zakat

Untuk zakat fitrah ada dua opsi yaitu Rp. 40 ribu dan Rp.42 ribu/ orang di kecamatan dataran. Sementara di Kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi sebesar Rp. 25 ribu/ orang.

PORTALMEDIA.ID, LUWU UTARA - Pemerintah Daerah  Luwu Utara menetapkan besaran zakat fitrah, zakat harta, Infaq Ibadah Umroh dan Haji untuk tahun 2024.

Untuk zakat fitrah ada dua opsi yaitu Rp. 40 ribu dan Rp.42 ribu/ orang di kecamatan dataran. Sementara di Kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi sebesar Rp. 25 ribu/ orang.

Adapun zakat rumah tangga disepakati disamakan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp. 50 ribu/ Kepala Keluarga. Untuk infaq umroh dan haji ditetapkan sebesar  Rp.100 ribu dan Rp. 500 ribu/ sekali pergi.

Baca Juga : Indah Harap Wonderful Rongkong Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat

Penentuan besaran zakat dan infaq tersebut disepakati pada Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dipimpin langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan dihadiri Forkopimda bersama stakeholder terkait.

"Perbedaan besaran zakat  di kecamatan terpencil karena adanya perbedaan harga  beras yang hanya Rp.10- 12 ribu/ kilo," kata Indah.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemda tentu juga akan melaksanakan Safari Ramadan di tiap kecamatan mulai Kamis, 14 Maret 2024," terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Baca Juga : Indah: Bendungan Rongkong jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Ia juga menjelaskan, nantinya tim safari ramadan akan dibagi menjadi 3 tim sehingga dalam satu hari akan ada 3 kecamatan yang dikunjungi.

"Tapi perlu digarisbawahi bahwa instansi seperti Kemenag, DMI, RSUD Andi Djemma, bagian protokol, satpol PP, diskominfo, BKPRMI, dinas perhubungan, dan persamilra, diharapkan juga ada masuk ke tim 2 dan tim 3. Silakan masing-masing membagi dan menentukan pejabat administratornya untuk melebur di ketiga tim yang telah dibentuk," pesan orang nomor satu di Luwu Utara tersebut.

Diketahui pada hari pertama Safari Ramadan tim 1 dipimpin Bupati Luwu Utara akan berkunjung ke Kecamatan Sabbang Selatan, tim 2  dipimpin Wakil Bupati Luwu Utara ke Kecamatan Tanalili sementara tim 3 dipimpin Sekda berkunjung ke Kecamatan Malangke. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar