0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Kamis, 25 April 2024 19:28

13 Kader Hijau Hitam Berebut Posisi Ketum HMI Cabang Makassar

Editor : Alif
Koordinator Steering Committee Konfercab XLII HMI Cabang Makassar Hasan Basri Baso. ist
Koordinator Steering Committee Konfercab XLII HMI Cabang Makassar Hasan Basri Baso. ist

Konfercab HMI Cabang Makassar ke-42 dijadwalkan berlangsung mulai 30 April 2024. Forum ini nantinya diikuti sebanyak 59 komisariat penuh sebagai pemilik suara.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar akan menggelar konferensi cabang (Konfercab) XLII atau yang ke-42. Salah satu agenda dalam konfercab ini adalah memilih calon ketua umum atau caketum.

Koordinator Steering Committee Konfercab XLII HMI Cabang Makassar Hasan Basri Baso mengatakan, forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat cabang ini akan diikuti 13 bakal calon yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Untuk bisa menjadi ketua umum HMI Cabang Makassar, steering menetapkan salah satu syaratnya adalah bakal calon wajib bisa mempraktikkan Khutbah Salat Jumat.

Baca Juga : Presidium KAHMI Sulsel Muhammad Fauzi Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Persiapan Luwu Utara

"Kami steering committee sudah menetapkan aturan, setiap bakal calon wajib bisa Khutbah Jumat. Dan kemarin di Botlem kami sudah uji kemampuan berkhutbah semua bacalon ketua umum HMI Cabang Makassar," ujar Hasan Basri saat ditemui di Makassar, Kamis (25/4/2024).

Menurut Hasan Basri, persyaratan tersebut menujukkan komitmen steering menghasilkan ketua umum HMI Cabang Makassar yang berkompeten dan bernafaskan Islam.

Selain itu, setiap kandidat juga wajib melampirkan transkrip nilai akademik minimal 3.00. Seluruh bacalon ketua umum HMI Cabang Makassar juga wajib melampirkan surat keterangan belum pernah menikah yang diterbitkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Di Kongres HMI, Jokowi Persilakan Pilih Capres Asal Jangan Pak Bahlil

Hasan melanjutkan, steering committee juga mewajibkan kandidat ketum HMI Cabang Makassar menulis di media cetak dengan tema tentang Kota Makassar secara umum.

"Setelah itu, tanggal 27 April nanti akan digelar debat calon ketua umum di wisma HMI Cabang Makassar," jelas Hasan yang juga Ketua Umum HMI Cabang Makassar periode 2015-2016.

Konfercab HMI Cabang Makassar ke-42 dijadwalkan berlangsung mulai 30 April 2024. Forum ini nantinya diikuti sebanyak 59 komisariat penuh sebagai pemilik suara.

Baca Juga : Pria di Makassar Diamankan Polisi Usai Curi Besi Pagar di Sekretariat HMI

Hasan Basri mengatakan, 59 komisariat tersebar di belasan kampus di Kota Makassar. Tiga belas kandidat yang mendaftar akan ditetapkan sebagai calon ketum HMI Cabang Makassar pada malam nanti.

"Jadi 13 pendaftar itu masih berstatus bakal calon. Nanti malam baru kita tetapkan pendaftar yang memenuhi syarat sebagai calon ketua umum HMI Cabang Makassar," tandas Hasan Basri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar