0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 26 April 2024 18:20

Pelapor Ketua KPU Hasyim Asy'ari Minta Sidang di DKPP Digelar Tertutup

Editor : Alif
Pelapor Ketua KPU Hasyim Asy'ari Minta Sidang di DKPP Digelar Tertutup
ist

Maria berharap majelis DKPP bisa melangsungkan persidangan secara tertutup.

PORTALMEDIA.ID - Ketua KPU Hasyim Asy'ari dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran etik karena diduga melakukan tindakan asusila terhadap salah satu anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Anggota ini kemudian mundur dari PPLN sebelum pemilu.

Kuasa hukum pelapor, Maria Dianita, mengatakan bahwa saat ini laporannya sudah diterima dan dinyatakan memenuhi syarat materil oleh DKPP. Laporan tersebut diajukan dengan nomor 208/06-18/SET-02/IV/2024 pada Kamis (18/4/2024).

“Laporan telah memenuhi syarat verifikasi materil. Saat ini perkaranya telah dilimpahkan dan sedang menunggu penentuan jadwal sidang,” kata Maria, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga : Sering Keluar Negeri, Komisi II DPR RI Singgung Gaya Hidup Pejabat KPU

Maria berharap majelis DKPP bisa melangsungkan persidangan secara tertutup.

"Harapan kami adalah sidang ini diadakan secara tertutup mengingat banyak menyangkut informasi yang bersifat pribadi,” tutur Maria.

Sementara itu, Ketua DKPP Heddy Lugito sebelumnya mengatakan belum bakal menyidangkan perkara tersebut karena masih banyak antrean sidang etik lainnya.

Baca Juga : Hasyim Asy'ari Beri Pernyataan Berbeda Soal Caleg Terpilih Maju Pilkada Dihadapan Komisi II DPR RI

Heddy mengatakan sejak tahapan kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi suara, penetapan hasil suara hingga sengketa di Mahkamah Konstitusi, DKPP menerima sebanyak 200 perkara laporan pelanggaran etik penyelenggara pemilu.

“Selama empat bulan terakhir pengaduan yang masuk ke DKPP jumlah mencapai 200 perkara. Baru 91 perkara yang dijadwalkan sidang,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga saat ini Ketua KPU Hasyim Asyari belum memberikan jawaban atas laporan tersebut. Saat hadir sebagai terlapor di perkara lainnya, Hasyim enggan berbicara saat ditanya terkait dugaan asusila yang dilakukannya itu.
Inform

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar