0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 30 April 2024 15:55

Jemaah Indonesia Penerima Pertama Kartu Haji, Ini Manfaatnya

Editor : Alif
Jemaah Indonesia Penerima Pertama Kartu Haji, Ini Manfaatnya
ist

Di dalam smart card juga akan ada sertifikat yang membuktikan bahwa jemaah telah selesai melaksanakan ibadah haji.

PORTALMEDIA.ID - Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Tawfiq Bin Fawzan Al Rabiah, mengatakan jemaah Indonesia akan menjadi jemaah pertama yang mendapatkan kartu keberangkatan haji atau smart card dari pemerintah Saudi.

"Jemaah haji yang pertama kali mendapatkan kartu keberangkatan haji adalah jemaah haji dari Indonesia," kata Tawfiq dalam konferensi pers di Four Seasons, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Tawfiq menjelaskan smart card haji merupakan kartu yang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji, yang di dalamnya terdapat informasi berkaitan dengan haji.

Baca Juga : Catat, 27 Mei 2024 Kemenag Gelar Pengukuran Sejuta Arah Kiblat

Kartu tersebut akan membantu jemaah untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di tempat pelaksanaan ibadah haji.

Di dalam smart card juga akan ada sertifikat yang membuktikan bahwa jemaah telah selesai melaksanakan ibadah haji.

"Sehingga itu bisa menjadi kenangan yang indah bagi yang telah melaksanakan ibadah haji," ucap Tawfiq.

Baca Juga : Kemenag Siapkan 1.378 Formasi CASN Khusus Penempatan IKN

Pemerintah Saudi menetapkan kuota jemaah haji bagi Indonesia di tahun 2024 yakni sebesar 241.000 orang. Jumlah ini mendapat penambahan 20 ribu dari kuota sebelumnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan jemaah, pemerintah Saudi menerbitkan kartu pintar (smart card). Kartu ini akan menjadi penanda bahwa jemaah yang berangkat telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Arsad Hidayat sempat mengatakan bahwa pemerintah Saudi memperketat penyelenggaraan ibadah haji untuk meminimalisir penggunaan visa non-haji.

Baca Juga : Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Kemenag Minta Garuda Indonesia Profesional

Tujuannya, agar tak ada lagi kasus bus terlambat menjemput seperti sebelumnya akibat penumpukan jemaah ilegal yang membuat jalur terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar