PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR – Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), BPJS Ketenagakerjaan kembali menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.
Harpelnas tahun ini, seluruh jajaran direksi dan dewan pengawas turun langsung mengunjungi peserta di berbagai daerah untuk mendengarkan kisah dan aspirasi dari peserta yang telah merasakan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Mengusung tema "Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi", BPJS Ketenagakerjaan ingin menunjukkan bahwa program jaminan sosial ketenagakerjaan tidak hanya sebatas administrasi, namun juga memberikan dampak nyata bagi kehidupan pekerja dan keluarga.
Salah satu contohnya adalah kisah Resky Lubis, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja dan berhasil mendapatkan perawatan intensif hingga pemasangan kaki palsu.
"Sebuah kebanggaan bagi kami telah diberi kepercayaan untuk melindungi pekerja di seluruh penjuru Indonesia," ujar Muhammad Zuhri, Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, saat mengunjungi Resky di RS Siloam Makassar, Rabu, (4/09/2024).
"Melalui program Return to Work (RTW), kami berharap peserta yang mengalami kecelakaan seperti Resky dapat kembali produktif dan menjalani kehidupan normal."
Zuhri menambahkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan akan terus berupaya untuk mempermudah akses layanan dan meningkatkan kualitas manfaat yang diberikan.
"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik agar pekerja dan keluarga bisa benar-benar merasakan manfaat dari program pemerintah ini," tegasnya.
Resky Lubis sendiri mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan. "Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena mulai dari kecelakaan sampai perawatan biaya sudah ditanggung BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.
Ia juga mengajak kepada yang belum bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar segera mendaftarkan diri menjadi peserta.
Dalam kesempatannya, pihak BPJS Ketenagakerjaan juga mengunjungi PT Midi Utama Makassar, Perusahaan yang mendukung program Inclusive Job Center (IJC) BPJS Ketenagakerjaan.
IJC sendiri merupakan pengembangan dari program Return to Work (RTW) yang bertujuan membangun pasar tenaga kerja inklusif BPJS Ketenagakerjaan yang harapannya mampu memperluas akses lapangan kerja.
Masih dalam rangkaian Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan juga mendorong peserta untuk memanfaatkan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dengan membuka booth layanan di setiap kantor cabang.
Aplikasi yang hadir sejak tahun 2021 ini merupakan solusi layanan digital yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan sejak untuk memudahkan para peserta mengakses beragam informasi dan layanan dan sudah digunakan oleh lebih dari 20 juta pengguna.
Dalam wawancaranya bersama rekan media, sekaligus menutup rangkaian kegiatan, Zuhri tidak lupa mengajak masayarakat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
“Dengan semangat kerja keras bebas cemas, mari kita ajak seluruh pekerja, baik formal maupun nonformal, untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.
“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2024. Kami berharap seiring dengan kemudahan layanan yang telah diberikan, maka kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Sehingga hal tersebut mampu juga mendorong kesadaran pekerja untuk melindungi diri dan orang-orang terdekatnya dengan mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”tutup Zuhri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News