0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 05 September 2022 19:32

BIAN 2022 Segera Berakhir, Cakupan Imunisasi Campak Rubella di Sulsel Baru 73 Persen

Penulis : Dewi
Editor : Rahma
Ilustrasi/INT
Ilustrasi/INT

Adapun kenaikan cakupan imunisasi Campak Rubella pada periode 29 Agustus - 4 September 2022, hanya 1,8 persen.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 akan segera berakhir pada 13 September mendatang. Berdasarkan data yang diperoleh, hingga kemarin, 4 September 2022, pencapaian imunisasi Campak Rubella di Sulsel pada pelaksanaan BIAN 2022 ini berada di angka 73,62 persen.

Pencapaian ini masih berada dibawah target yang diberikan, yakni 95 persen. Adapun kenaikan cakupan imunisasi Campak Rubella pada periode 29 Agustus - 4 September 2022, hanya 1,8 persen.

Dari 24 kabupaten kota di Sulsel, baru tiga daerah yang pencapaiannya di atas 95 persen. Masing-masing, Kabupaten Pinrang 99,59 persen, Barru 98 persen, dan Luwu 97,39 persen.

Baca Juga : Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Sulawesi Selatan Tertinggi Nasional

Sementara tiga daerah dengan cakupan terendah, yakni Kabupaten Enrekang 61,82 persen, Wajo 61,74 persen, dan Kota Makassar 53,44 persen.

Sebelumnya, UNICEF Indonesia yang berkedudukan di Makassar bersama Dinas Kesehatan Sulsel, telah melibatkan semua stakeholder untuk menggenjot capaian imunisasi tambahan Campak Rubella, pada pelaksanaan BIAN yang telah diperpanjang hingga 13 September 2022 mendatang. Tidak hanya pemerintah daerah, PKK, Kepala Desa, tetapi juga tokoh agama hingga media.

Dokter Spesialis Ahli Tumbuh Kembang Anak, Dr dr Martira Maddeppungeng Sp A(K), mengatakan, upaya eliminasi Campak Rubella dilakukan dengan pemberian imunisasi tambahan Campak Rubella tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Upaya ini untuk memutuskan transmisi penularan virus Campak dan Rubella secara cepat.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Libatkan Lintas Sektoral Tangani Penyakit TBC pada Anak dan Remaja

"Di Sulawesi Selatan sendiri masih ditemukan kasus positif Campak dan Rubella dalam dua tahun belakangan ini," ungkapnya.

Untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit Campak dan Rubella, sambungnya, maka diperlukan cakupan imunisasi minimal 95 persen. Dengan cakupan imunisasi Campak Rubella yang tinggi pada sasaran usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun, ini juga akan melindungi kelompok usia yang lebih besar, termasuk ibu hamil agar tidak tertular virus Rubella. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer