PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford mengambil langkah berani dengan akan memesiunkan model Focus di Eropa. Ini menyusul nama legendaris lainnya yang telah disuntik mati, seperti Mondeo pada 2022 lalu dan Fiesta di 2023 silam.
Dilaporkan Motor1, produksi dari hatchback menengah ini akan berakhir pada bulan November mendatang dan pabrikan belum memiliki rencana untuk menghadirkan penerusnya.
Meskipun produksinya akan dihentikan pada akhir tahun ini, pelanggan yang ingin memiliki hatchback ini masih dapat memesan Focus dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan.
Dengan disuntik matinya Focus, Ford juga akan menghentikan salah satu trim terpopulernya yakni ST. Model ini menjadi Istimewa di mata penggemar otomotif karena memiliki wujud lebih sporty dari versi regularnya dan dibekali transmisi manual.
Pabrikan berjuluk ‘Blue Oval’ ini akan mengandalkan model lainnya dalam mendorong penjualan seperti Puma, Kuga, dan Capri yang baru diluncurkan belum lama ini. Sementara, Ford juga menyediakan model berukuran lebih besar seperti Mustang Mach-E dan Explorer untuk pasar Eropa.
Saat ini, Ford Focus hadir dalam generasi keempat yang telah diluncurkan pada 2018 lalu yang diproduksi di pabrik Saarlouis, Jerman.
Hatchback tersebut tersedia dalam sejumlah varian powertrain berbeda, mulai dari bensin murni, bensin digabungkan mild-hybrid, dan diesel.
Untuk bensin murni, Focus memiliki beberapa konfigurasi mesin terdiri dari 1,0 liter EcoBoost bertenaga 85 ps hingga 125 ps, 1,5 liter EcoBoost berkekuatan 123 ps sampai 182 ps, hingga 2,3 liter EcoBoost memiliki daya tinggi 280 ps.
Kemudian, mobil satu ini ditawarkan dengan teknologi mild-hybrid yang menggabungkan mesin 1,0 liter EcoBoost bertenaga 125 ps sampai 155 ps. Lalu, diesel memiliki ragam konfigurasi yang bervariasi mulai dari 1,5 liter EcoBlue bertenaga 95 ps sampai 120 ps dan 2,0 EcoBlue berkekuatan 150 ps hingga 190 ps.
Sejak munculnya generasi pertama di tahun 1998, Ford Focus juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi dan diingat dalam keikutsertaannya di kancah reli dunia, WRC.
Mobil tersebut mengikuti kompetisi bergengsi ini mulai dari 1998 hingga 2005 dengan generasi pertama dan 2006 sampai 2010 bersama generasi kedua, sebelum digantikan oleh Fiesta pada tahun 2011.(*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News