0%
Selasa, 11 November 2025 16:39

Dua UMKM Binaan PLN Selayar Raup Jutaan Rupiah di Festival KOPLING Jakarta

Editor : Kimel
Suasana di booth Rumah BUMN selayar dalam ajang Festival Koplo dan UMKM Terbesar – KOPLING (Koplo Keliling) yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 8–9 November 2025.
Suasana di booth Rumah BUMN selayar dalam ajang Festival Koplo dan UMKM Terbesar – KOPLING (Koplo Keliling) yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 8–9 November 2025.

Festival ini menghadirkan lebih dari 30 musisi nasional dan ratusan tenant UMKM dari seluruh Indonesia.

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA — Dua UMKM binaan Rumah BUMN Selayar yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) berhasil menarik perhatian pengunjung dan membukukan penjualan di Festival Koplo dan UMKM Terbesar – KOPLING (Koplo Keliling) yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta.

Festival yang berlangsung pada 8-9 November 2025 tersebut dibuka oleh Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Republik Indonesia, Maman Abdurrahman, dengan mengusung tema “Goyang Ambyar UMKM Bersinar.”

Festival ini menghadirkan lebih dari 30 musisi nasional dan ratusan tenant UMKM dari seluruh Indonesia sebagai ruang kolaborasi antara pelaku usaha dan industri kreatif untuk memperkuat ekonomi nasional.

Melalui Rumah BUMN Selayar, PLN UID Sulselrabar menghadirkan dua UMKM unggulan, yakni Tsurayya Collection, produsen batik ecoprint asal Kepulauan Selayar, dan Ijeng Rama Craft, pengrajin eceng gondok.

Keduanya mencatat penjualan total sebesar Rp 3.740.000 selama dua hari pameran.

Selain fasilitas stand, PLN juga membantu proses digitalisasi bagu kedua pelaku usaha, meliputi pembuatan QRIS, podcast booth, dan live streaming di media sosial.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Edyansyah, menyampaikan bahwa partisipasi UMKM binaan dalam ajang nasional ini menjadi bukti nyata komitmen PLN dalam mendorong transformasi ekonomi hijau dan digital.

“PLN terus mendampingi UMKM binaan agar naik kelas, adaptif terhadap era digital, dan berdaya saing. Melalui Rumah BUMN Selayar dan program TJSL, kami ingin memastikan pelaku usaha lokal dapat berkembang secara mandiri dan berkelanjutan,” ujar Edyansyah.

Hasriani, owner Tsurayya Collection, mengungkapkan rasa bangganya dapat tampil di pameran nasional atas dukungan penuh dari PLN.

“Tahun ini saya baru bergabung di Rumah BUMN Selayar dan telah mengikuti berbagai pelatihan promosi, packaging, dan branding. PLN juga membantu pembuatan katalog produk. Senang sekali karena produk saya laku dan bisa memperluas relasi dengan sesama pengrajin.” tuturnya.

Apresiasi serupa disampaikan owner Ijeng Rama Craft, Masjeng. “Saya senang karena banyak inspirasi baru dan difasilitasi penuh oleh PLN, mulai dari katalog hingga kesempatan ikut pameran. Harapannya ke depan PLN terus memberikan ruang bagi UMKM agar bisa semakin maju,” katanya.

Sementara itu, Mia, salah satu pengunjung sekaligus influencer, turut memberikan apresiasi terhadap UMKM binaan PLN. “Saya sangat mengapresiasi kehadiran UMKM dari Rumah BUMN Selayar. Saat saya melakukan live promosi, banyak teman online yang tertarik dengan produk-produk mereka,” ujarnya.

Melalui keikutsertaan di Festival KOPLING 2025, PLN UID Sulselrabar membuktikan bahwa sinergi antara BUMN, pemerintah, dan pelaku UMKM mampu memperkuat ekonomi kreatif nasional sekaligus mendorong transformasi digital berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 081395951236. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar