0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Rabu, 28 September 2022 16:21

Politeknik ATI Makassar Dorong Dosen Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Editor : Rasdiyanah
Workshop peningkatan kapasitas dosen Politeknik ATI Makassar. Foto: dok
Workshop peningkatan kapasitas dosen Politeknik ATI Makassar. Foto: dok

Politeknik ATI Makassar menggelar Workshop peningkatan kapasitas dosen guna mendorong tenaga pengajar untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian di masyarakat.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Politeknik ATI Makassar menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen di Ruang Padewakkang, yang dilaksanakan sejak Senin (26/9/2022) hingga Rabu (28/9/2022).

Workshop tersebut diikuti seluruh dosen dari empat program studi yang ada di Politeknik ATI Makassar, yakni Teknik Industri Agro, Teknik Manufaktur Industri Agro, Otomasi Sistem Permesinan, dan Teknik Kimia Mineral.

Ketua UPPM Politeknik ATI Makassar, Merla Madjid mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya Politeknik ATI Makassar mendorong dan meningkatkan kualiatas penelitian dosen. 

Baca Juga : Sosialisasi Permenpan-RB, Unismuh Siapkan 72 Dosen Jadi Guru Besar

"Termasuk kualitas pengabdian dosen kepada masyarakat," ujar Madjid, sapaan akrabnya, Rabu (28/9/2022).

Ia menjelaskan, selama mengikuti workshop peserta mendapatkan sejumlah materi, termasuk di dalamnya Metodologi Pengabdian Masyarakat Dengan Kolaborasi Industri yang dibawakan Ketua Departemen Teknik Informatika Unhas Indrabayu.

Selanjutnya, terkait Metodologi Penulisan Proposal Penelitian Hibah oleh Dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Irfan Syamsuddin, dan Mudahnya Menulis Buku Ilmiah Populer Bagi Pemula oleh Wulansari Apriani dari Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa.

Baca Juga : Tim PKM UMI Kenalkan Tarian Etnik Makassar kepada Siswa Binaan di Pucak Maros

"Kegiatan ini merupakan usaha optimalisasi sumber daya di internal Politeknik ATI Makassar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara berkesinambungan melalui penelitian dan pengabdian dan juga pengajaran khususnya dalam bidang penulisan buku bahan ajar atau artikel ilmiah," lanjut Madjid. 

Selain itu, diharapkan dapat menghasilkan inovasi-inovasi di bidang Ipteks yang mampu meningkatkan daya saing sejalan dengan arah kebijakan Corporate University yang telah ditetapkan oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menambahkan, workshop tersebut untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang dosen.

Baca Juga : Hasil MCU Unhas Sehat, Puluhan Dosen Jalani Pemeriksaan Lanjutan

Selain menjadi kewajiban dosen, kegiatan penelitiaan dan pengabdian masyarakat juga untuk pemenuhan Beban Kerja Dosen (BKD) dan menjadi bagian perjanjian kinerja institusi yang harus direalisasikan.

"Kami selalu berupaya untuk memotivasi para dosen untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat dosen yang juga nantinya bisa meningkatkan publikasi di jurnal nasional maupun internasional,"ujarnya.

Ia menambahkan, hasil dari workshop ini diharapkan akan lahir hasil-hasil penelitian yang berkualitas dan dapat diimplementasikan ke dalam program pengabdian kepada masyarakat untuk menjawab permasalahan yang dihadapi Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah.

Baca Juga : Enggan Terseret Ancaman AI, Sejumlah Dosan ITB Nobel Ikut Pelatihan

"Juga diharapkan lahir buku bahan ajar dan ilmiah populer yang bisa menjadi nilai tambah bagi kinerja dosen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer