0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Kamis, 29 September 2022 17:01

BIAN 2022 di Sulsel Sasar Ratusan Anak Imigran di Makassar

Penulis : Dewi
Editor : Rahma
Ilustrasi/INT
Ilustrasi/INT

Semua anak imigran mulai dari baru lahir terpantau imunisasinya oleh Puskesmas setempat.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 juga menyasar anak-anak imigran yang ada di Kota Makassar. Saat ini, jumlahnya mencapai 200 orang, yang tersebar di sejumlah rumah detensi Imigrasi.

Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan IOM dan Unicef, menggelar imunisasi Campak Rubella untuk anak-anak imigran, di Three Little Birds Makassar, Kamis, 29 September 2022. Tercatat 100 anak imigran yang mengikuti kegiatan ini.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Makassar, Zakiah Darajat, mengatakan, imunisasi bagi kelompok imigran sudah dari dulu dilaksanakan, termasuk imunisasi rutin. Semua anak imigran mulai dari baru lahir terpantau imunisasinya oleh Puskesmas setempat.

Baca Juga : 4 Anak-anak Meninggal Dunia Akibat Terserang DBD

"Mereka kan ada kediaman yang disiapkan pemerintah. Itu terpantau anak-anaknya oleh puskesmas. Mulai dari status kesehatan sampai imunisasinya," ujar Zakiah.

Pada pelaksanaan BIAN 2022 ini, kata Zakiah, diberikan imunisasi tambahan bagi anak usia sembilan bulan sampai 12 tahun, para orangtua sudah sangat antusias dan mengizinkan anaknya diberikan imunisasi tambahan, Campak Rubella. Imunisasi ini untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yang saat ini sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia dan juga di luar negeri.

"Termasuk imunisasi Campak Rubella untuk anak-anak imigran ini untuk mencegah adanya kantong-kantong KLB yang bisa meluas. Kita tentu tidak mau lagi ada pandemi-pandemi," kata Zakiah.

Baca Juga : Dinkes Sulsel Siapkan Posko Kesehatan di Tingkat Desa/Kelurahan dan TPS Saat Pemilu

Sementara, mewakili IOM, dr Ahmad Isa, mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan BIAN 2022. Dari 200 anak imigran, yang diimunisasi Campak Rubella dalam kegiatan ini sekitar 100 orang.

"Sebagian anak sudah diimunisasi Campak Rubella di Puskesmas maupun di sekolahnya masing-masing," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer