0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 04 Oktober 2022 20:09

Cegah Kelahiran Stunting pada Anak, TNI Beri Bantuan ke Ibu Hamil di Sulsel

Penulis : Dewi
Editor : Rahma
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, menyalurkan sejumlah paket sembako dan vitamin kepada keluarga berisiko stunting dan ibu hamil/IST
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, menyalurkan sejumlah paket sembako dan vitamin kepada keluarga berisiko stunting dan ibu hamil/IST

Kegiatan Donor Darah dan Upaya Pencegahan Stunting sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77

PORTAL MEDIA.ID,MAKASSAR - Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, menyalurkan sejumlah paket sembako dan vitamin kepada keluarga berisiko stunting dan ibu hamil, pada kegiatan Donor Darah dan Upaya Pencegahan Stunting sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77, di Lapangan Hasanuddin Makassar, Selasa, 4 Oktober 2022.

Mayjen Totok Imam mengatakan, kegiatan sosial ini merupakan kolaborasi antara TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Kota Makassar, untuk memberikan layanan kepada masyarakat melalui kegiatan donor darah dan pembagian 150 paket sembako dan makanan bergizi untuk mencegah stunting.

"Kalau kita lihat, Sulawesi Selatan ini angka stuntingnya masih tinggi di atas nasional. Jadi kita membantu pemerintah memberikan edukasi, pemahaman serta memberikan vitamin untuk mencegah stunting," ujar Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen Totok Imam.

Baca Juga : Silaturahmi ke Pengurus PKK Pangkep, Sofha Marwah Bahtiar Tekankan Percepatan Penurunan Stunting

Ia menjelaskan, usai dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) 13 September lalu, Ia langsung bergerak cepat dengan memerintahkan jajarannya. Mulai dari Korem, Kodim, Koramil hingga Babinsa untuk mendukung penuh program percepatan penurunan stunting melalui kegiatan-kegiatan edukasi dan pemberian bantuan gizi kepada keluarga beresiko stunting.

"Saya telah memerintahkan Komandan Kodim untuk komunikasi dengan pemerintah daerah dan BKKBN setempat untuk membentuk satgas khusus, segera mendata seluruh keluarga yang beresiko stunting dan juga menjadi Bapak Asuh dengan memberikan edukasi pencegahan stunting," terangnya.

Mayjen Totok Imam menambahkan, salah satu penyebab terjadinya stunting pada anak yaitu akibat kekurangan gizi seperti kurangnya makan sayur-sayuran. Untuk itu, seluruh jajarannya agar menanam sayur dalam polybag, dimana hasilnya dapat dikonsumsi dan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Baca Juga : Spesial Hari Ibu, DWP Makassar Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Anak Stunting

"Untuk stunting, nanti kita akan berikan makanan berprotein berupa susu dan makanan bergizi lainnya yang dapat meningkatkan kualitas gizi keluarga," ujar Pangdam XIV/Hasanuddin.

Diakhir sambutan, Mayjen Totok Imam mengatakan, peringatan HUT TNI ke-77 dilaksanakan di seluruh jajaran satuan Kodam XIV/Hasanuddin. Dimana sebelumnya telah dilakukan pelayanan kesehatan dan KB, kunjungan ke panti asuhan, kegiatan ketahanan pangan, dan puncak peringatan akan membagikan 1.000 paket sembako ke masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang), Ahmad Harun, menyebutkan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan kembang akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang pada anak, khususnya di 1.000 hari pertama kehidupan mulai saat konsepsi hingga anak usia dibawah 24 bulan.

Baca Juga : Sulsel Jadi Provinsi Pertama Luncurkan Pedoman dan Strategi Komunikasi Percepatan Penurunan Stunting

"Anak stunting mengalami pertumbuhan dan perkembangan tidak maksimal. Ini menyebabkan tubuh mereka pendek dari anak seusia mereka. Selain itu, sulit berkonsentrasi sehingga prestasi sekolah rendah dan berisiko mengalami penyakit metabolisme," ujar Ahmad Harun.

Lanjut Ahmad, kompleksitas intervensi program percepatan penurunan stunting tidak dapat dilakukan oleh BKKBN saja. Namun pemerintah memberikan ruang apresiasi dan kontribusi kepada seluruh unsur pemerintah dan masyarakat untuk berperan serta dalam upaya percepatan penurunan stunting, salah satunya melalui program Program Bapak Anak Stunting (BAAS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar