0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 11 Oktober 2022 10:20

Pasca Tragedi Kanjuruhan, DPR: Suporter Berhak Dapat Perlindungan hukum di Dalam dan Luar pertandingan

Editor : Azis Kuba
Pasca Tragedi Kanjuruhan, DPR: Suporter Berhak Dapat Perlindungan hukum di Dalam dan Luar pertandingan
ist

Puan meminta agar ada trauma healing yang diberikan bagi korban Tragedi Kanjuruhan.

PORTALMEDIA.ID -- Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa keselamatan dan keamanan penonton pertandingan olahraga atau suporter dilindungi oleh negara melalui UU 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Hal ini disampaikan Puan terkait bertambahnya korban luka Tragedi Kanjuruhan menjadi 714 orang, termasuk korban meninggal dunia sebanyak 131 jiwa.

“Kami menyesalkan peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sehingga menyebabkan banyak nyawa melayang dan warga terluka, bahkan termasuk perempuan serta anak-anak,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10/2022).

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga sepakbola yang mempertemukan Arema FC vs Persebaya pada 1 Oktober lalu. Sebanyak 131 orang meninggal akibat berdesakan setelah polisi yang bertugas menembakkan gas air untuk membubarkan penonton.

Baca Juga : Hasto Tegaskan Puan Maharani Calon Tunggal Ketua DPR RI Dari PDIP

Para penonton yang tidak ikut kerusuhan pun ikut menjadi korban akibat tembakan gas air mata dari aparat. Padahal, menurut Puan, dalam pasal 54 UU Keolahragaan diatur adanya kewajiban bagi penyelenggara untuk memperhatikan hak penonton dalam setiap kejuaraan olahraga.

“Salah satu hak penonton atau suporter yang wajib dipenuhi penyelenggara adalah menyangkut jaminan keselamatan dan keamanan. Makanya kami sesalkan sekali insiden ini,” ucapnya.

Selain soal keamanan dan keselamatan, hak penonton pertandingan olahraga juga termasuk memperoleh fasilitas sesuai dengan nilai tiket masuk. Untuk itu, DPR berharap Pemerintah menegakkan aturan tersebut dengan segera menerbitkan peraturan turunan dari UU Keolahragaan.

Baca Juga : Imbang Tanpa Gol

“Khususnya soal tata cara penyelenggaraan dan hak-hak keamanan bagi penonton serta suporter,” sebut Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar