0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 04 November 2022 09:22

Selain Italia, ini 4 Daftar Negara Favorit yang Absen di Piala Dunia 2022

Editor : Rasdiyanah
Selain Italia, ini 4 Daftar Negara Favorit yang Absen di Piala Dunia 2022
ist

Beberapa negara gagal lolos dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar, termasuk Italia dan 4 negara favorit lainnya.

PORTALMEDIA.ID - Piala Dunia 2022 Qatar semakin dekat, euforia dan selebrasi menyambut kompetisi sepak bola dunia ini telah terasa di mana-mana. Namun, beberapa pendukung sepak bola terutama dari beberapa negara favorit harus rela tak melihat tim andalannya berlaga dalam ajang tertinggi dunia ini. 

Sebutlah misalnya Italia, negara dengan status empat kali juara kompetisi sepak bola tertinggi dunia, justru gagal lolos di Piala Dunia 2022 Qatar. Kabar ini tentu mengejutkan para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Namun, Italia bukan satu-satunya nama besar tim nasional yang absen di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga : Erik Thohir Bakal Safari ke Qatar Jajal Peluang Investasi BUMN

Beberapa tim nasional favorit lainnya dari Eropa, Amerika Selatan, dan Afrika juga bakal absen. Melansir situs resmi FIFA, hanya ada 32 negara dari 211 negara anggota yang telah mengamankan tiket di di Qatar.

Lantas, negara mana saja yang gagal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar meski sebelumnya menjadi favorit? Berikut negara-negara yang gagal tampil di Piala Dunia yang dikutip Portalmedia.id, dari laman bola tempo.co. 

1. Italia

Italia sebenarnya telah menjadi langganan lolos ke Piala Dunia. Bahkan pada edisi Piala Dunia 1934, 1938, 1982, dan 2006 berhasil keluar menjadi juara. Hasil kekalahan melawan Makedonia Utara di semifinal playoff pada Maret lalu membuat Italia harus mengubur impiannya untuk juara kembali. Sekaligus kegagalan lolos Piala Dunia ini menjadi yang kedua kalinya secara berturut-turut.

2. Kolombia

Baca Juga : Reaksi Keras Rusia di Sidang Dewan Keamanan PBB

Kolombia saat ini menempati peringkat ke-17 dari daftar FIFA. Pada gelaran Piala Dunia 2014 silam, tim nasional sepak bola negara ini berhasil tembus ke babak perempatfinal. Berkaca pada hal tersebut, Kolombia menjadi salah satu tim favorit untuk mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022 Qatar. Nyatanya, tim Amerika Selatan itu justru berada di urutan keenam dalam kualifikasi dan gagal lolos ke Qatar, mengutip Aljazeera.

3. Swedia

Dalam sepanjang sejarah kompetisi Piala Dunia, tercatat Swedia berpartisipasi sebanyak 12 kali dari 21 edisi. Pun pada 1958, negara ini pernah menjadi tuan rumah dan berhasil menjadi runner-up setelah kalah dari Brasil. Tetapi, hasil kekalahan tiga kali dari enam pertandingan di leg kedua kualifikasi membuat Swedia terdepak dari Piala Dunia 2022.

4. Chili

Keikutsertaan Chili dalam Piala Dunia sudah dimulai sejak edisi pertama pada 1930. Mereka menjadi tuan rumah turnamen pada 1962 dan menempati posisi ketiga. Dalam tiga edisi terakhir (1998, 2010 dan 2014), Chili mencapai babak 16 besar. Namun, pada edisi 2022 di Qatar nanti Chili terpaksa absen karena tersingkir di babak kualifikasi.

5. Rusia

Baca Juga : ISIS Klaim Bertanggungjawab Penembakan Massal di Gedung Konser Moskow

Imbas invasi ke Ukraina, Rusia diboikot oleh sejumlah negara dari perhelatan internasional, termasuk turnamen sepak bola Piala Dunia. Pada awal tahun 2022, FIFA resmi mengumumkan bahwa negara yang saat ini dipimpin Vladimir Putin itu diusir secara paksa dari peserta Piala Dunia 2022. Padahal, Rusia adalah salah satu tim favorit untuk lolos dan berkesempatan melanjutkan hasil apik di edisi 2018 yang mencapai perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer