0%
Kamis, 17 November 2022 20:05

Tuai Kontroversi Dana BOS untuk HUT Kota Makassar, Begini Klarifikasi Kadisdik Makassar

Penulis : Gita Oktaviola
Editor : Rasdiyanah
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin. Foto: ist
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin. Foto: ist

Usai menyebutkan ada alokasi dana BOS yang dipersiapkan sebagai biaya operasional anak-anak yang tampil di HUT Kota Makassar, Dinas Pendidikan Kota Makassar memberikan klarifikasi terkait hal ini.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, memberikan klarifikasi usai statementnya terkait 400 anak Sekolah Dasar (SD) yang gagal tampil pada acara HUT Kota Makassar yang ke-415 menuai kontroversi. 

Dalam penjelasannya Muhyidin menyebutkan anak-anak yang direncanakan tampil pada malam HUT Makassar tersebut, biaya operasional latihan, baik dalam persiapan maupun kebutuhan penampilan seperti sewa baju adat, semua menggunakan dana BOS. Sontak statement ini menuai kontroversi, sebab orang tua tidak satu pun merasa menerima dana bantuan atau dibekali dana dari pihak sekolah. 

Selain itu katanya, Ia juga telah mengonfirmasi semua sekolah yang terlibat di dalamnya untuk mengganti seluruh dana yang digunakan orang tua siswa menggunakan dana BOS.

Baca Juga : Di Momen HUT Kota Makassar, Danny Pomanto Beri Penghargaan ke Sejumlah Pihak

"Saya sudah minta semua kepala sekolah untuk mengganti dana terkait penyewaan. Kami minta itu dikembalikan uangnya. Karena surat saya jelas bahwa dana yang digunakan untuk perayaan HUT Makassar itu dana BOS. Karena memang itukan dibebankan oleh dana BOS," terangnya.

Saat ditanyai soal aturan penggunaan dana BOS untuk kegiatan HUT Kota Makassar, Muhyiddin menjelasn, jika dana tersebut berhak digunakan sekolah karena pementasan yang dilakukan anak-anak termasuk kegiatan sekolah.

"Kalau berbicara aturan dana BOS, tidak boleh digunakan untuk HUT. Tapi kan ini termasuk kegiatan sekolah. Jadi yang kita lihat itu kegiatannya, bukan acaranya. Dalam hal penggunaan dana bos, diperbolehkan dalam kegiatan untuk kebutuhan penampilan kreasi anak," pungkasnya.

"Nah, itukan memang belum dicairkan oleh pihak sekolah. Mungkin karena miskomunikasi. Makanya dananya akan digantikan. Tapi, mungkin nominalnya tidak semua sama," bebernya.

Baca Juga : Begini Rekayasa Lalin Malam Puncak HUT Kota Makassar, Petugas di 17 Ruas Jalan Disiagakan

Misalnya kata dia, untuk penyewaan baju dan transportasinya. "Semuanya jelas di suratku. Segala pembiayaan di kegiatan ini termasuk mulai latihan saya minta dibebankan ke dana bos dan itu akan tidak terlalu besar ji sebenarnya dananya," katanya. 

"Semuanya tuntas, supaya nanti terkesan ada yang bayar ada yang tidak. Itu akan jadi masalah. Jadi terima saja kembali karena memang begitu, harus dijalankan sesuai surat, kecuali kalau dalam surat tidak ada begitu ya bisa saja," ucapnya dalam logat Makassar.

Untuk alokasi penggunaan dana bos di setiap sekolah, tutur Muhyiddin, pihaknya menjelaskan persentasenya 40 % hingga 50 % digunakan untuk kegiatan anak-anak. Misalnya untuk kegiatan di luar sekolah yang melibatkan anak-anak, itu harus menggunakan dana BOS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar