0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Kamis, 17 November 2022 20:36

Hari Kesehatan Nasional, Unicef Puji Capaian Imunisasi Sulsel Tertinggi Setelah Pulau Jawa

Penulis : Dewi
Editor : Rasdiyanah
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dalam upacara peringatana HKN atau Hari Kesehatan Nasional, Unicef memuji capaian imunisasi Sulsel yang tinggi.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (17/11/2022).

Perwakilan Unicef Wilayah Sulawesi-Maluku, Hengky Wijaya dalam kesempatan HKN memuji capaian imunisasi Sulsel tertinggi di luar pulau Jawa sekitar 95 persen dan konsisten dari level provinsi sampai ke kabupaten/kota.

"Jadi kita melihat bahwa jumlah kabupaten yang mencapai presentase cakupan di atas 95 persen, ini banyak sekali jadi satu patokan kita untuk melihat bagaimana kebijakan dari provinsi ke kabupaten/kota ini konsisten terus berkordinasi dan komitmen dari kepala daerah cukup baik," ujar Hengky, Kamis. 

Baca Juga : Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Sulawesi Selatan Tertinggi Nasional

Hengky menuturkan baiknya cakupan imunisasi setiap daerah di Sulsel, karena didukung oleh sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus serta fasilitas kesehatan yang lengkap. Namun dirinya menyebut hal yang perlu ditingkatkan adalah pendekatan ke masyarakat untuk menumbuhkan rasa percaya dan aman.

"Kalau untuk Sulsel untuk SDM dan Fasilitas kesehatan tidak masalah ya, sekarang yang kita mau tingkatkan masalah promosi kesehatan kita terus belajar walaupun ada keberhasilan cakupan yang tinggi di Sulawesi kita juga belajar bahwa dalam proses itu ada beberapa tantangan terutama pendekatan ke masyarakat seperti hoax, ketidak percayaan masyarakat, dan itu banyak terjadi didaerah penyebab capaian imunisasi tidak tercapai," terangnya.

Ada pun upacara peringatan HKN dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan hadiri oleh Bupati/wali kota serta kepala Dinas Kesehatan daerah Se-Sulsel, dengan mengangkat tema 'Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku'.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Libatkan Lintas Sektoral Tangani Penyakit TBC pada Anak dan Remaja

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rosmini Pandin mengatakan momentum HKN 2022 dimanfaatkan sebagai kebangkitan bersama dalam mengahadapi berbagai persoalan kesehatan yang terjadi.

"Sesuai dengan tema di HKN 2022 ini kita harus bangkit, begitu ada masalah kita selesaikan secara terstruktur dan terorganisir. Di tahun ini berbagai penyakit muncul seperti, covid, cacar monyet, serta gagal ginjal akut pada anak yang ada di Sulsel, dan Alhamdulillah terkendali," ujar Rosmini.  

Lebih lanjut, Rosmini berharap peringatan HKN 2022 ini menjadi energi baru dalam meningkatkan kinerja, tata kelola, serta Sumber Daya Manusianya (SDM) itu sendiri.

Baca Juga : Pj Sekda Gowa Serahkan 31 Piagam Penghargaan Pada Peringatan HKN Ke-59

"Harapannya kita bisa bekerja baik, mulai dari SDM, tata kelola, dana lain sebagainya agar Indonesia sehat, Sulsel sehat dan berkarakter," imbuhnya.

Usai Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional, pemerintah provinsi Sulsel memberikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan serta tenaga kesehatan di setiap daerah atas capaian di tahun 2022. Di antaranya penghargaan capaian BIAN, penanganan pencegahan Stunting, hingga penghargaan tenaga kesehatan teladan.

"Iya tadi ada penghargaan diberikan kepada dinas kesehatan daerah seperti kabupaten yang cakupan imunisasi bagus, tenaga kesehatan teladan itu kita kasih penghargaan agar lebih semangat kedepannya dalam menjalankan tugasnya masing-masing," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar