0%
karangan bunga makassar
Senin, 21 November 2022 17:44

Diam-diam, Gubernur Ternyata Minta Kemendagri Copot Abdul Hayat

Abdul Hayat Gani
Abdul Hayat Gani

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait hal ini. Ia juga diketahui masih beraktivitas seperti biasa.

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, diam-diam ternyata telah mengirimkan surat ke pemerintah pusat, mengusulkan pemberhentian Abdul Hayat Gani sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel. Surat dengan nomor 800/0019/BKPSDMD tersebut tertanggal 12 September 2022.

iklan pdam

Hal tersebut diketahui setelah muncul seruan aksi Jaringan Mahasiswa Hukum Indonesia (JMHI) terkait hal tersebut. Aksi akan dilakukan 24 November 2022 mendatang.

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait hal ini. Ia juga diketahui masih beraktivitas seperti biasa. Dimana hari ini, ia menghadiri Pengukuhan Ketua Dewan BPW PPTI dan Pelantikan BPW PPTI Se Sulsel, serta memimpin Rapat Tim Percepatan Kepesertaan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan Masyarakat Pekerja di Sulsel.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Beri Bantuan Kapal Perikanan Senilai Rp 3,5 Miliar ke Nelayan Selayar

Sementara, Humas Sulsel melalui rilis resminya mengirimkan pernyataan dari Pengamat Tata Negara, Prof Ilmar, seolah membenarkan adanya pengusulan penggantian Abdul Hayat sebagai Sekprov Sulsel.

"Pengusulan penggantian itu (pejabat sekprov) oleh Gubernur sudah tepat. Karena memang Pak Gub adalah user (pengguna)," ujar Prof Aminuddin Ilmar, dalam rilis yang dikirimkan Humas Sulsel.

"Selaku kepala daerah pejabat pembina kepegawaian, dia (Pak Gub) punya hak untuk melakukan proses pengusulan pengangkatan, pemberhentian seluruh aparatur negeri sipil yang ada di bawahnya termasuk mutasi," sambung Prof Ilmar.

Baca Juga : DPRD Sulsel Diminta Buat Pansus Hak Angket Terkait Kisruh Pencopotan Sekprov

Prof Aminuddin Ilmar juga menyampaikan bahwa persoalan pengusulan, itu adalah kewenangan penuh gubernur sebagai pengguna. Menurutnya, gubernur yang paling tahu dan sebagai pejabat pembina kepegawaian, gubernur tahu siapa yang bisa diajak bekerja sama dalam berbagai hal. Khususnya dalam proses perwujudan program prioritas kepala daerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer