0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Sabtu, 26 November 2022 22:33

Komisi V DPR RI Dorong Sertifikasi Tukang Bangunan di Takalar

Editor : Redaksi
Hamka B Kady saat membuka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, yang dilaksanakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, di Kabupaten Takalar, 26 - 27 November 2022.
Hamka B Kady saat membuka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, yang dilaksanakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, di Kabupaten Takalar, 26 - 27 November 2022.

Kepemilikan sertifikat kompetensi kerja merupakan kewajiban bagi para pekerja konstruksi sebagaimana diatur dalam UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

PORTALMEDIA.ID, TAKALAR - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, terus mendorong peningkatan kompetensi tukang bangunan di Kabupaten Takalar. Salah satunya, melalui program sertifikasi.

Hal tersebut disampaikan Hamka B Kady saat membuka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, yang dilaksanakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, di Kabupaten Takalar, 26 - 27 November 2022.

"Kepemilikan sertifikat kompetensi kerja merupakan kewajiban bagi para pekerja konstruksi sebagaimana diatur dalam UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi," kata Hamka B Kady.

Baca Juga : Komisi V DPR RI Pastikan Kesiapan Lahan Pembangunan Stadion di Makassar

Anggota Fraksi Golkar ini mengatakan, peran tukang sebagai bagian dari tenaga kerja konstruksi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat penting. Tukang di lapangan juga menentukan kualitas bangunan.

"Sertifikat itu adalah standarisasi kompetensi tenaga kerja, baik itu tukang ahli, madya maupun terampil," ujarnya.

Kepada para peserta, Hamka B Kady berpesan agar mengikuti dengan baik pembekalan, dan jangan hanya sekedar bersertifikat. Iapun berharap, tukang-tukang yang ada di Kabupaten Takalar agar bersertifikat dan tukang lokal bisa terlibat lebih banyak dalam pengerjaan proyek-proyek yang ada di Kabupaten Takalar.

Baca Juga : Wali Kota Usul ke Komisi V DPR-RI Buat Bendungan Karet di Sungai Tallo dan Jeneberang

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Arfandi, melaporkan, pelaksanaan dilakukan selama dua hari, dimana hari pertama untuk pembekalan, dan hari kedua pengujian. Peserta tukang sebanyak 120 orang yang telah lulus berkas dan validasi berkas, yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Takalar.

Pada pembekalan dan uji tukang, yang dites adalah tukang baja ringan, tukang pasang bata merah, dan tukang pengecatan.

Turut hadir, Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Dr Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin, dan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Ismail Abdul Muttalib. (*)

Baca Juga : Hadapi Arus Mudik Lebaran, Muhammad Fauzi Tekankan Pemerintah Persiapkan Diri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar