0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Minggu, 04 Desember 2022 09:48

Elon Musk Siap Uji Coba Pasang Chip ke Otak Manusia, Diklaim Sembuhkan Kelumpuhan

Editor : Azis Kuba
Elon Musk Siap Uji Coba Pasang Chip ke Otak Manusia, Diklaim Sembuhkan Kelumpuhan
ist

Perangkat Neuralink sendiri berukuran kecil, dengan beberapa “benang” fleksibel yang dapat dimasukkan ke dalam otak.

PORTALMEDIA.ID -- Elon Musk mengatakan bahwa perusahaan antarmuka otak-komputernya, Neuralink, dapat menanamkan salah satu perangkatnya di kepala seseorang dalam enam bulan ke depan.

Dia juga mengklaim bahwa dia akan memasang perangkat itu di kepalanya sendiri di beberapa titik di masa depan.

Selama presentasi, Musk mengatakan bahwa perusahaan telah menyerahkan sebagian besar dokumen yang diperlukan untuk uji klinis pada manusia ke Food and Drug Administration, yang mengatur perangkat medis di Amerika Serikat.

Baca Juga : Elon Musk: AI akan Lebih Pintar dari Manusia

Sebelumnya, Musk mengatakan bahwa dia berharap uji coba manusia dimulai pada 2020, dan kemudian 2022. Sekarang, itu turun setidaknya hingga 2023.

Tujuan Neuralink adalah membuat perangkat yang dapat ditanamkan di otak dan menggunakannya untuk mengontrol komputer dengan aktivitas otak.

Kembali pada 2019, Musk mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menguji perangkatnya pada monyet.

Baca Juga : Meta Sebut Elon Musk Salah Soal Prediksi AI Bakal Lampaui Kecerdasan Manusia

Pada 2020, ia mengeluarkan babi dengan implan. Dan tahun lalu, Neuralink merilis video yang memperlihatkan seekor monyet memainkan Pong dengan otaknya.

Tahun ini, monyet kembali. Dalam demonstrasi video, salah satu dari mereka membantu "mengetik" kalimat 'selamat datang untuk menunjukkan dan memberi tahu' menggunakan implan mereka dengan berfokus pada kata dan huruf yang disorot.

Video lain menunjukkan bagaimana monyet dilatih untuk mengisi daya perangkat dengan duduk di bawah pengisi daya nirkabel.

Baca Juga : Elon Musk Bertemu Netanyahu tapi Tolak Undangan Hamas ke Gaza  

Perangkat Neuralink sendiri berukuran kecil, dengan beberapa “benang” fleksibel yang dapat dimasukkan ke dalam otak.

"Ini seperti mengganti sebagian tengkorak Anda dengan jam tangan pintar, karena tidak ada analogi yang lebih baik," kata Musk dilansir laman The Verge, Minggu (4/12/2022).

Dalam waktu sekitar 15 menit, 64 dari "utas" ini dapat ditanamkan ke otak menggunakan sistem robotik, kata DJ Seo, wakil presiden Implan dan salah satu pendiri Neuralink, selama presentasi — sambil menggunakan manekin untuk menunjukkan bagaimana proses mungkin berhasil.

Baca Juga : Elon Musk Batasi Akses Pengguna Twitter Gratisan

Alasan para ahli bedah robot bermuara pada betapa kecilnya benang itu.

Demo perusahaan pada 2019 dan 2020 dirancang sebagai acara rekrutmen, dan yang ini tidak berbeda; perusahaan mengakui perekrutan adalah tujuan utamanya malam itu.

Neuralink saat ini sedang mencari untuk mengisi berbagai jenis pekerjaan saat beralih dari "prototipe ke produk", kata Musk.

Baca Juga : Elon Musk Bakal Hadirkan Mobil Listrik Berbasis Android

Para peneliti di perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan perawatan yang dapat membantu meningkatkan atau memulihkan penglihatan, atau memulihkan gerakan pada orang yang lumpuh.

Di sisi teknologi, perusahaan berambisi untuk memastikan perangkat itu sendiri dapat ditingkatkan.

"Saya cukup yakin Anda tidak menginginkan iPhone 1 di kepala Anda jika iPhone 14 tersedia," kata Musk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar