0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Minggu, 11 Desember 2022 18:04

Pemkab Gowa Maksimalkan Peran Posyandu Turunkan Angka Stunting

Editor : Rahma
Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Pemkab Gowa telah menghadirkan sistem pencatatan berbasis elektronik yaitu aplikasi e-posyandu.

PORTALMEDIA.ID, GOWA- Penanganan stunting menjadi salah satu fokus pemerintah Kabupaten Gowa hingga saat ini. Upaya ini dilakukan dengan memaksimalkan peran-peran posyandu yang ada.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, keberadaan kader posyandu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terutama, dalam penanganan stunting.

Menurutnya, posyandu merupakan upaya kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan dari dan oleh untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan masyarakat.

Baca Juga : 86,86% Masyarakat Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio

“Oleh karena itu, posyandu sebagai garda terdepan dalam pemenuhan kesehatan dasar dan peningkatan gizi masyarakat memiliki peran yang sangat penting,” ujarnya yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Gowa.

Lanjut Abd Rauf, untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dasar kesehatan di posyandu khusunya dalam penanganan stunting. Saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah menghadirkan sistem pencatatan berbasis elektronik yaitu aplikasi e-posyandu.

Dirinya menjelaskan, e-posyandu ini adalah sistem pencatatan tumbuh kembang anak akan lebih sistematis berkesinambungan, tepat waktu dan terintegrasi. Dengan adanya pencatatan berbasis elektronik ini akan lebih mempermudah dalam memantau tumbuh kembang anak sehingga deteksi dini stunting bisa dilakukan di tengah masyarakat.

Baca Juga : Aspirasi Ridwan Andi Wittiri, Pemkab Gowa Dapat PJU-TS dari Kementerian ESDM

“Kehadiran e-posyandu diharapkan menjadi solusi atas permasalahan pantauan tumbuh kembang anak dan balita. Pemantauan tumbuh kembang yang baik diharapkan kemudahan deteksi dini khusus kasus stunting di masyarakat yang pada akhirnya dapat mendorong penurunan angka prevalensi stunting di Kabupaten Gowa,” harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar