0%
Selasa, 10 Januari 2023 07:45

Inflasi Makassar Naik hingga 2 Kali Lipat, Danny Pomanto Sebut sebagai Pertanda Baik

Penulis : Firda
Editor : Rasdiyanah
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Foto: Portalmedia.id/Firda
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Foto: Portalmedia.id/Firda

Wali Kota Makassar menyebut, kenaikan inflasi Makassar hingga 2 kali lipat adalah pertanda yang baik.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Makassar merilis data inflasi yang terjadi di Kota Makassar per Desember 2022. BPS mencatat angka year on year (yoy)  inflasi Kota Makassar naik menjadi 5.81 % dari sebelumnya 2.26%, hal tersebut membuat kenaikan inflasi dua kali lipat di tahun 2022.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan jika inflasi ini merupakan pertanda yang baik.

"Sebenarnya inflasi ini memberi tanda baik karena inflasi kita berada pada angkutan udara dan bensin," ujar Danny, sapaannya saat ditemui awak media di kediamannya Jl Amirullah, Senin (9/1/2023).

Baca Juga : Impor Beras Melejit 880,82 Ribu Ton, Ini Negara Asalnya

Danny menjelaskan walaupun menurun di angka 5.81%, tetapi tetap relatif di atas standard dan pemicu inflasi didominasi dari transportasi, terdiri dari bensin dan angkutan udara

"Kata teman-teman Dinas Perdagangan (Disdag) ternyata yang memicu sampai 17% itu adalah transportasi yang terdiri atas bensin dan angkutan udara, jadi banyak orang bepergian," katanya.

"Berarti banyak orang yang bepergian kemudian pesawatnya kurang, inflasinya naiklah begitu hubungan politiknya," sambungnya.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Serentak di 24 Kabupaten/Kota Sasar 68 Titik Padat Penduduk

Danny menuturkan jika persoalan bensin memberi kontribusi 0,9 % sedangkan angkutan udara 0,7 % terhadap kenaikan inflasi di tahun 2022.

"Bensin itu hampir satu persen, bayangkan, kemudian itukan tinggi sekali, sama dengan inflasi satu bulan biasanya," ucapnya.

Rilis Data BPS 

Untuk diketahui, dalam rilisnya, BPS mencatat, yoy Kota Makassar sebesar 5,81 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,19.

Baca Juga : Inflasi Februari 2024 Terkendali

Kenaikan inflasi di Kota Makassar ini diakibatkan adanya kenaikan sebagian indeks kelompok pengeluaran, dengan komoditas yang dominan memberikan andil sumbangan inflasi yoy pada Desember 2022 antara lain bensin dan angkutan udara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar