0%
karangan bunga makassar
Senin, 23 Januari 2023 14:20

Nelangsa Nasib Anies, Dukungan Makin Seret karena Publik Puas dengan Kerja Jokowi

Editor : Rahma
Anies Baswedan/INT
Anies Baswedan/INT

Ada korelasi antara tingkat kepuasan publik kepada Presiden Jokowi terhadap dukungan capres 2024. Ini berdasarkan hasil survei uang dilakukan LSI.

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA- Hasil survei mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo rupanya mempengaruhi elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Diketahui, Anies memang telah diusung Partai NasDem sebagai bakal calon presiden atau capres 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menjelaskan bahwa ada korelasi antara tingkat kepuasan publik kepada Presiden Jokowi terhadap dukungan capres 2024. Ini berdasarkan hasil survei uang dilakukan LSI.

iklan pdam

Dalam survei terbaru lewat simulasi 19 nama tokoh, LSI menempatkan tiga nama tokoh yang mendapatkan elektabilitas tertinggi untuk maju sebagai capres. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Baca Juga : Demokrat Harap Koalisinya Bersama Nasdem-PKS Segera Deklarasikan Anies Jadi Bakal Capres 2024

Tercatat, kepuasan rakyat dengan kinerja Presiden Jokowi ternyata membuat elektabilitas Anies semakin menurun. Artinya, semakin banyak yang mendukung Jokowi, maka dukungan terhadap Anies semakin berkurang.

Hal serupa juga terlihat dari hasil elektabilitas Ganjar. Bedanya, Ganjar semakin mendapatkan elektabilitas tinggi jika publik puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

"Dalam hal ini korelasi yang negatif kepada Anies Baswedan, artinya makin puas kepada Presiden cenderung semakin sedikit dukungannya kepada Anies," papar Djayadi dalam paparannya di rilis survei LSI bertajuk 'Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini', Minggu (22/1/2023).

Baca Juga : Demokrat Tegaskan AHY Resmi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

"Sebaliknya kepada Ganjar Pranowo, makin puas kepada Presiden, dukungannya kepada Ganjar cenderung makin tinggi," sambungnya.

Menurut Djayadi, korelasi negatif juga terjadi antara kepuasan kinerja Presiden Jokowi dengan dukungan kepada Prabowo Subianto. Meski Prabowo sekarang menjabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju, namun nyatanya elektabilitas Prabowo juga berkurang jika publik puas dengan kinerja Jokowi.

"Kepada Prabowo dukungannya sama dengan Anies korelasi yang negatif, makin tinggi tingkat kepuasan kepada Presiden tingkat dukungan kepada Prabowo cenderung juga lebih sedikit secara umum," terang Djayadi.

Baca Juga : Surya Paloh Bertemu Jokowi, Nasdem Sebut Salah Satu Pembahasan soal Pilpres 2024

Berdasarkan hasil survei, lanjut Djayadi, publik yang merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi akan mengarahkan dukungannya ke Ganjar Pranowo, dengan persentase mencapai 35 persen. Baru setelah itu mendukung Prabowo dan diikuti dengan Anies.

Sementara itu mereka yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi justru cenderung memberikan dukungan ke Anies dan Prabowo, dengan elektabilitas beda tipis yakni 27,1 persen ke Anies dan 26,4 persen ke Prabowo. Hanya 10,5 persen yang mendukung Ganjar.

"Jadi masih ada partisan di sini. Ganjar unggul antara lain karena dia paling unggul di kalangan pemilih yang puas dengan kinerja presiden," tandasnya.

Baca Juga : Demokrat Sebut tak Paksakan Cawapres Anies Baswedan adalah AHY

Sebagai informasi, tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi telah meningkat secara signifikan berdasarkan survei LSI pada 7-11 Januari 2023. Dari 1221 responden, sebanyak 76,2 persen responden menyatakan puas dengan kinerja Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer