0%
karangan bunga makassar
Kamis, 26 Januari 2023 09:49

Kementerian PUPR Anggarkan Rp2 Triliun untuk 5.397 Unit Rumah Susun di 2023

Editor : Rahma
Ilustrasi/INT
Ilustrasi/INT

Pembangunan tersebut termasuk untuk pengadaan hunian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 triliun untuk membangun 5.397 unit rumah susun pada tahun ini.

Direktur Jenderal Perumahan PUPR Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan ini termasuk untuk pengadaan hunian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

iklan pdam

"Bikin rumah susun, total ada Rp2,002 triliun untuk pembangunan rumah susun sebanyak 5.379 unit," ujar Irwan dikutip di CNN Indonesia, Kamis (26/1/2023)

Baca Juga : Prof Jamaluddin Jompa: Unhas Bakal Buka Kampus Cabang di IKN

Menurutnya, anggaran tersebut juga termasuk untuk kegiatan Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi (OPOR) 59 tower rumah susun, serta lanjutan pembangunan hunian bagi pekerja konstruksi di IKN sebanyak 22 tower.

Selain itu, Kementerian PUPR juga menyediakan anggaran sebesar Rp891 miliar untuk membangun sebanyak 3.362 unit rumah khusus, termasuk alokasi untuk IKN.

Kemudian, ada juga anggaran yang dialokasikan sebesar Rp3,194 triliun untuk pengadaan 145 ribu unit rumah swadaya. Lalu, anggaran sebesar Rp383 miliar untuk bantuan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) rumah umum.

Baca Juga : Pemerintah Minta UU IKN Direvisi, PKS Kritik Pedas: UU-nya Cacat dan Terburu-buru

Di sisi lain, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR juga bakal melakukan berbagai program pembangunan infrastruktur di tahun ini. Salah satunya pembangunan 29 unit bendungan.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan beberapa bendungan sudah dalam proses pembangunan dan bakal selesai di 2023, dan sisanya bakal dilanjutkan di 2024.

"Pembangunan bendungan sebanyak 29 buah, ini terdiri dari 12 bendungan on going masih dilanjutkan ke tahun anggaran berikutnya, 13 bendungan on going direncanakan selesai 2023, dan empat bendungan baru," jelasnya.

Baca Juga : Lahan di Makassar Kian Sempit, Legislator DPRD Makassar Minta Warga Tinggal di Rumah Susun

Untuk bendungan baru yang akan dibangun adalah Cibeet dan Cijurey (Jawa Barat), Cabean (Jawa Tengah), dan Riam Kiwa (Kalimantan Selatan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer