0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 31 Januari 2023 23:36

Jokowi Gelar Rapat Terbatas soal Ketersediaan Beras, Mentan SYL tak Diundang

Editor : Rasdiyanah
Mentan SYL. Foto: dok
Mentan SYL. Foto: dok

Jokowi menggelar rapat terbatas soal ketersediaan dan penyaluran beras, Selasa (31/1/2022). Hingga rapat berakhir, tak nampak Mentan SYL menghadiri rapat yang digelar di Istana tersebut.

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) soal ketersediaan beras nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (31/1/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh tiga pejabat, yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Dirut Perum Bulog Budi Waseso dan Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo. Namun, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tidak tampak hadir di istana.

Hal itu sebagaimana pantauan wartawan yang menunggu kehadiran para menteri di area pilar belakang Istana Negara. Dikutip dari liputan6, hingga rapat berakhir, tidak tampak kehadiran Menteri Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga : Dinilai Berkinerja Baik, Presiden Jokowi Bakal Perpanjang Jabatan Zudan di Sulbar

Akan tetapi, Zulkifli Hasan, Budi Waseso dan Arief Prasetyo tampak bersama-sama usai ratas selesai.
Mentan SYL Tak Diundang. 

Menurut Budi Waseso, yang diundang dalam rapat kali ini hanya mereka bertiga.

"Ya yang diundang saya cuma bertiga urusan beras ya, ini kan soal penyaluran, soal operasi pasar,” ujar Budi saat ditanya wartawan.

Baca Juga : Catat! Bos Apple Bakal ke Indonesia 17 April

Dia menjelaskan, kehadirannya sebagai pihak yang bertanggung jawab melakukan operasi pasar. Kemudian, Zulkifli Hasan bertanggung jawab menjaga kestabilan harga beras. Adapun Arief Prasetyo diundang selaku analis kebijakan pangan.

Sementara Kementerian Pertanian tidak termasuk di dalamnya. Hanya ada Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bulog, dan Badan Pangan Nasional.

"Ini kan operasi yang dimaksud Pak Presiden tadi, ini bagaimana melaksanakan operasi pasar. Operasi pasar kan stabilisasinya ada di Kemendag nih. Bulog pelaksanaannya. Badan Pangan Nasional yang pegang regulasinya, itu," lanjut Buwas.

Baca Juga : Istana Sebut Pertemuan Jokowi dan Megawati Sedang Diatur

Buwas Minta Ketidakhadiran SYL tak Dikaitkan dengan Apa pun 

Dia pun meminta agar ketidakhadiran Mentan SYL ke Istana hari ini tak dikaitkan dengan isu apapun, termasuk wacana reshuffle yang akhir-akhir ini merebak di publik.

Menurutnya, Mentan berada di ranah produksi beras, sehingga tidak diundang ke rapat perihal penyaluran beras.

Baca Juga : Ali Mochtar Ngabalin Ungkap Alasan Jokowi Tak Temui Megawati di Hari Lebaran

"Jadi jangan ke mana-mana pikirannya. Karena Mentan kan produksinya. Yang itu tadi kan yang diutamakan Presiden kan pendistribusiannya, ya kita bertiga yang tanggung jawab pendistribusiannya ini," tegasnya.

"Sekarang bantu saya untuk mendistribusikan itu tolong diawasi supaya target kita tercapai, tujuan negara dan masyarakat terlayani dengan baik, bisa membelikan beras dengan murah. Itu yang paling penting," sambung Buwas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar