0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 13 Februari 2023 22:29

Banjir Makassar, Warga di Beberapa Kelurahan Mengungsi ke Masjid-masjid

Penulis : Reza Rivaldi
Editor : Rasdiyanah
Kondisi warga yang mengungsi di Masjid Nurul Hikmah, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Foto: ist
Kondisi warga yang mengungsi di Masjid Nurul Hikmah, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Foto: ist

Ratusan warga di beberapa kelurahan di Makassar harus mengungsi di beberapa masjid sebab pemukimannya terendam banjir yang cukup tinggi.

PORTALMEDIA.ID. MAKASSAR - Banjir yang melanda sebagian besar wilayah di Kota Makassar membuat sejumlah warga terpaksa harus mengungsi ke sejumlah tempat yang dirasa aman dari terjangan air.

Seperti di dua Kelurahan yakni Masele dan Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Berdasarkan pantauan, ratusan warga berbondong-bondong mengungsi ke Masjid Nurul Hikmah.

Kasi Humas Polsek Panakkukang, AIPDA Ahmad Halim mengatakan, para warga sementara diarahkan mengungsi ke masjid tersebut hingga air dipastikan surut.

Baca Juga : Penjaga Kosan Cabuli Tiga Bocah di Semak-semak

"Untuk Kelurahan Masale ada 27 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 34 orang dewasa dan 19 anak-anak. Kalau Kelurahan Pandang ada 31 KK, 52 orang dewasa dan 30 anak-anak," Kata Halim kepada Portalmedia, Senin (13/2/2023) malam.

Selain itu, ada juga pengungsi di Kelurahan Karuwisi yang terpaksa harus menempati Masjid Nurul Yaqin. Di sana ada 25 balita yang terpaksa diungsikan.

"Untuk Kelurahan Karuwisi ada total 104 warga diungsikan ke masjid juga, laki-laki 25 orang dan perempuan 50 orang, Lansia 4 orang, dan balita," jelas Halim.

Baca Juga : Bawa Badik Hingga Dikeroyok Warga, 22 Pemuda Diamankan Polisi

Halim menyebutkan bahwa pastinya pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang mengungsi akibat banjir.

Selain di Kecamatan Panakkukang, Polsek Rappocini bersama instansi terkait juga menyediakan beberapa posko pengungsian. Seperti di Masjid Al Hilal, Masjid Mukmin dan Masjid Al Ashar yang terletak di Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Kapolsek Rappocini, AKP Muhammad Yusuf mengatakan, di wilayahnya sendiri ketinggian air rata-rata mencapai 40 sentimeter.

Baca Juga : Jelang Nataru, Polsek Rappocini Makassar Kumpulkan Forkopimca Perketat Keamanan di Gereja

"Ada tiga pos pengungsian, berdasarkan hasil pemantauan wilayah-wilayah yang terdampak banjir. Memang ada beberapa wilayah yang ketinggian air cukup tinggi sehingga perlu dilakukan evakuasi terhadap warga," Kata Yusuf.

RS Faisal Makassar Ikut Terendam Banjir

Selain merendam rumah warga, beberapa fasilitas pelayanan masyarakat juga terendam air. Seperti Mapolsek Rappocini dan Rumah Sakit (RS) Islam Faisal Makassar.

"Kalau kantor Polsek ketinggian air mencapai 50 sentimeter, air juga merendam RS Faisal di sana ketinggian air diperkirakan mencapai 50 sentimeter," Ungkapnya.

Baca Juga : Jelang Perayaan Nataru, Polisi Giatkan Operasi Pesta Miras di Makassar

Yusuf juga memastikan pihaknya akan terus melakukan patroli ke wilayah-wilayah yang terdampak banjir guna mengecek kondisi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar