0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 13 Maret 2023 13:22

PPP Merapat ke PDIP, Golkar Merapat ke PKB-Gerindra, KIB Goyah?

Editor : Rasdiyanah
Kebersamaan KIB. Foto: ist
Kebersamaan KIB. Foto: ist

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) nampaknya mulai goyah, 1.1 partai peserta KIB memperlihatkan sinyal merapat ke partai lain.

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PPP dan PAN mulai terlihat goyah. Partai-partai anggota KIB digoda partai politik lain untuk membentuk koalisi pemilu 2024.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) digoda oleh PDI Perjuangan. Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Romahurmuziy mengungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengajak PPP untuk membentuk koalisi. Rommy dan Hasto bernostalgia duet Mega-Hamzah.

PPP bahkan dikabarkan akan menggelar pertemuan dengan PDI Perjuangan. Rencananya pertemuan itu sudah direncanakan setelah PPP melakukan pertemuan dengan Partai Bulan Bintang (PBB) pada Senin (13/3/2023) hari ini.

Baca Juga : Prioritaskan Kader, PPP Bantaeng Tak Buka Penjaringan

"Tentu tidak terhindarkan karena Pilpres juga sudah dekat. Ajakan koalisi kpd PPP oleh mas Hasto sebenarnya sudah lama, sejak Plt Ketum Pak Harso. Alasannya sederhana amanat almarhum Mbah Maimoen sebelum wafat ke Bu Mega untuk ikut menjaga PPP. Yang kedua, sejarahnya ada zaman Mega-Hamzah maupun yang mutakhir Ganjar-Yasin," ujar Rommy, dikutip dari liputan6, Senin. 

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengakui terbuka peluang koalisi dengan PDIP. Selama kedua partai memiliki tujuan yang sama.

"Tentu upaya-upaya untuk mengajak berkoalisi apalagi ini PPP termasuk yang kecil, jumlahnya 4,5 persen tentu berusaha mengajak koalisi dengan partai-partai yang lain, itu bagian dari upaya politik yang dilakukan parpol," ujarnya.

Baca Juga : PDI Perjuangan Parepare Titip Program Pemerataan Pembangunan ke TSM

"Ya, tentu. Termasuk juga PDIP. Kemudian di dalam berkoalisi itu ya memiliki tujuan-tujuan yang harus sama, ya," sambung Mardiono.

Golkar Merapat ke Gerindra-PKB 

Tidak hanya PPP, pentolan KIB yaitu Partai Golkar juga diajak bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengakui ada komunikasi yang intensif dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Baca Juga : Setelah Gagal Jadi Presiden, Ini Tugas Ganjar di Pilkada 2024

"Kita saling komunikasi intensif dengan Golkar, sudah sangat dekat, artinya PKB Golkar Gerindra semakin dekat," ujarnya di Jakarta, Minggu (12/3/2023) kemarin.

Baca Juga : Setelah Gagal Jadi Presiden, Ini Tugas Ganjar di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar