0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 21 Maret 2023 19:53

Gelar Parade di Hari Hutan Internasional, WALHI Sulsel Soroti Kasus Pendudukan Hutan Pongtorra

Penulis : Reza Rivaldi
Editor : Rasdiyanah
Parade WALHI Sulsel. Foto: ist
Parade WALHI Sulsel. Foto: ist

Memperingati Hari Hutan International, WALHI Sulsel meminta pemerintah fokus pada sejumlah kasus yang merugikan hutan Indonesia, salah satunya pendudukan hutan Pongtorra.


PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional, WALHI Sulsel menggelar parade kampanye di depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam pesan paradenya, WALHI Sulsel meminta pemerintah dan masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam melindungi hutan dan menghentikan deforestasi yang terjadi di Sulawesi Selatan.

Walhi Sulsel juga menyoroti pemerintah saol kasus pendudukan hutan Pongtorra oleh oknum anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara yang kini tidak ada kejelasannya, juga meminta menyetop pemberian izin pertambangan di Sulsel.

Baca Juga : Walhi Sulsel Ungkap Sejumlah Catatan Buat Presiden Jokowi

"Kami meminta kepada pemerintah Sulsel agar tegas kepada setiap pelaku pengrusakan hutan, termasuk oknum anggota DPRD Toraja Utara yang melakukan pendudukan hutan lindung Pongtorra." ujar Padel manajer perlindungan ekosistem esensial hutan Walhi Sulsel. 

"Selain itu kami meminta kepada Gubernur untuk menghentikan pemberian izin pertambangan di seluruh kawasan hutan Sulawesi Selatan" lanjutnya.

Selain itu, Padel juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa salah satu penyebab terjadinya krisis iklim adalah deforestasi atau alih fungsi kawasan hutan yang semakin massif.

Baca Juga : Begini Strategi Bertahan Hidup Perempuan Pesisir di Sulsel Hadapi Krisis Iklim

"Aksi yang kami lakukan pada hari ini merupakan aksi untuk meminta dukungan dan mengingatkan semua orang bahwa hutan adalah salah satu ekosistem yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan planet kita. Sudah waktunya bagi kita semua untuk bertanggung jawab dan bekerja sama dalam melindungi hutan," lanjut Padel.

Aksi kampanye ini, menjadi aksi yang cukup meriah dengan peserta masing-masing memegang poster yang berisi pesan dan tuntutan kepada pemerintah dan publik untuk menjaga hutan. Selain itu juga pertunjukan musik yang menambah suasana parade ini menjadi riang.

"Kami berharap acara ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mengambil tindakan dan berpartisipasi dalam melindungi hutan kita. Kami membutuhkan dukungan semua orang untuk membuat perbedaan," tambah Padel.

Baca Juga : Gelar Aksi PLTU Merusak Lingkungan, WALHI dan Pemuda Sulsel Minta Kandidat Capres Serius Tangani Krisis Iklim

Hari Hutan Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan dan pohon di luar hutan untuk kesejahteraan generasi saat ini dan masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar