0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Sabtu, 11 November 2023 07:12

Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Riyadh, Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Editor : Azis Kuba
Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Riyadh, Serukan Gencatan Senjata di Gaza
ist

"Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," ujarnya.

 

PORTALMEDIA.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi akhir pekan ini.

Jokowi bersama rombongan terbatas bertolak dari Bandara Djuanda, Surabaya pada Jumat (10/11) malam.

Baca Juga : Presiden Palestina Salahkan Hamas soal Agresi Israel di Gaza

"Malam ini saya bersama-sama dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi untuk mengunjungi KTT Luar Biasa OKI yang akan membahas mengenai situasi di Gaza," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan secara virtual.

Menurut Jokowi, KTT tersebut sangat penting sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina.

"Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," ujarnya.

Baca Juga : Erdogan Ungkap Lebih 1.000 Anggota Hamas Dirawat di RS Turki

Dari Riyadh, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, AS pada 12 November. Kunjungan tersebut, menurut Jokowi, merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden AS Joe Biden.

"Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," terangnya.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju San Fransisco, AS untuk menghadiri KTT APEC. Dalam konferensi itu, Indonesia akan mengangkat dua isu utama yakni pembangunan berkelanjutan dan pembangunan inklusif.

Baca Juga : Ratusan Ribu Warga Palestina Tinggalkan Rafah di Tengah Gempuran Israel

"Di sela-sela KTT APEC, beberapa pertemuan bilateral dan beberapa pertemuan dengan kalangan bisnis di San Fransisco akan kita lakukan," ujarnya.

Rencananya, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Indonesia pada 17 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar