0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 20 September 2022 16:58

Bawaslu Sulsel Perketat Pengawasan ASN Jelang Pemilu

Penulis : Dewi
Editor : Rahma
Ilustrasi/INT
Ilustrasi/INT

Hal tersebut dilakukan mengingat tingginya kasus ASN terlibat politik praktis pada Pemilu 2019 lalu.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel akan memperketat pengawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang Pemilu 2024 mendatang. Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad, mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat tingginya kasus ASN terlibat politik praktis pada Pemilu 2019 lalu.

"Pada Pemilu 2019 lalu, Sulsel menempati urutan kelima laporan terbanyak terkait ASN yang terlibat politik praktis," ungkap Saiful, Selasa, 20 September 2022.

Berkaca dari kejadian tersebut, Saiful mengaku akan memperketat pengawasan. Selain itu, memassifkan sosialisasi untuk meminimalisir pelanggaran.

Baca Juga : Gugatan Ditolak MK, Ini Respons Lengkap Anies-Cak Imin

"Kenapa ASN ini terlibat politik praktis? Berdasarkan data Komisi ASN, 80 persen karena ingin mempertahankan jabatannya. Kemudian, ada juga karena ketidaktahuan," ujarnya.

Iapun mengimbau kepada seluruh ASN untuk menjaga profesionalitasnya, dengan tidak terlibat politik praktis. Saiful kuatir, jika ASN terlibat politik praktis, akan mempengaruhi pelayanannya ke masyarakat.

Terkait rekrutmen Petugas Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang dilakukan Bawaslu kabupaten kota saat ini, agar menjunjung tinggi integritas. Apalagi, tugas mereka ke depan sangat berat.

Baca Juga : Biaya Pilkades Mahal, Ajiep Padindang Usul Tak Lagi Dipilih Langsung

"Ini terkait trust atau kepercayaan. Kita ingin hasil Pemilu dipercaya masyarakat. Untuk bisa diterima dan dipercaya masyarakat, maka petugas kita harus memiliki integritas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar