0%
Jumat, 18 November 2022 08:02

Sekolah Sebut Penggunaan Dana BOS untuk HUT Kota Makassar atas Jaminan Kadisdik, Kepsek: Awalnya Saya Ragu

Penulis : Gita Oktaviola
Editor : Rasdiyanah
Kepala Sekolah (Kepsek) SD Inpres Unggulan BTN Pemda, Isman. Foto: Portalmedia.id/Gita
Kepala Sekolah (Kepsek) SD Inpres Unggulan BTN Pemda, Isman. Foto: Portalmedia.id/Gita

Penggunaan Dana BOS untuk keperluan HUT Kota Makassar, disebutkan oleh salah satu sekolah di Kota Makassar atas jaminan dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar.

PORTARMEDIA.ID, MAKASSAR - Kepala Sekolah (Kepsek) SD Inpres Unggulan BTN Pemda mengonfirmasi riak-riak penggunaan dana BOS yang sempat viral saat perayaan HUT Kota Makassar ke-415.

Saat dikunjungi portalmedia.id di ruangannya, Isman menjelaskan kronologi lahirnya miskomunikasi tentang dana BOS tersebut.

"Jadi pak Kadis itu awalnya mengumpulkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan diperintahkan satu sekolah untuk mengutus satu siswa sebagai peserta. Awalnya dana peserta ditanggung oleh K3S, tapi kemudian ada perubahan. Sehingga dibebankan oleh masing-masing sekolah," ujar Isman, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga : Kabar Gembira, Dana BOS Madrasah dan BOP RA Kemenag Sudah Cair

Namun katanya, perubahan ini tidak disampaikan kepada Kepsek masing-masing sekolah termasuk SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

"Makanya, di awal itu kami tidak tahu kalau ada perubahan dan dana BOS yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan ini," ujarnya.

"Nanti menjelang pelaksanaan kegiatan, barulah kami mengetahui itu. Dan saya juga sebenarnya tidak berani menggunankan dana BOS untuk kegiatan HUT," tambah Isman.

Isman menjelaskan, penggunaan dana BOS untuk kegiatan HUT Makassar, tidak mungkin dalam aturan dana BOS.

"Awalnya saya ragu, karena HUT itu tidak ada aturan di dana BOS. Point 14 itu jelas. Tapi pak Kadis mengarahkan untuk dibayarkan saja. Nanti saya bikinkan aturannya supaya kamu terbebas dari inspektorat," ujar Isman meniru perkataan Kadisdik.

Baca Juga : Di Momen HUT Kota Makassar, Danny Pomanto Beri Penghargaan ke Sejumlah Pihak

Atas jaminan itu, Isman mengaku jika pihaknya sudah bisa mengeluarkan dana BOS sesuai dengan arahan yang diberikan Kadis Pendidikan untuk menanggung 20 peserta yang diutus oleh sekolahnya.

"Kalau ada seperti itu pak, hitam di atas putih maka saya akan bayarkan semua kerugian materil orang tua siswa. Dan setelah tanda tangan. Saya langsung bayarkan semua kerugiannya. Termasuk uang sewa baju dan transportasi," terangnya.

"Kadis juga sudah ada jaminannya dan ternyata dia juga sudah konsultasi dengan inspektorat," bebernya.

Baca Juga : Begini Rekayasa Lalin Malam Puncak HUT Kota Makassar, Petugas di 17 Ruas Jalan Disiagakan

Padahal katanya, dia sangat berharap jika dana keperluan siswa ditanggung oleh K3S. Supaya, dana BOS tidak digunakan untuk hal lain.

"Saya juga berharap dari K3S juga bantuannya dan itu tidak maksimal dia hanya berikan bantuan cuma Rp 700 ribu. Kami juga sudah keluarkan dana Rp 2 juta untuk keperluan kegiatan itu," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar