0%
karangan bunga makassar
Kamis, 24 November 2022 15:26

Tiap Pekan PMI Makassar Temukan Darah Positif HIV

Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Meski kerap mendapati darah tak layak pakai, PMI Makassar menjamin darah yang keluar dijamin aman.

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Makasar menemukan puluhan pendonor darah yang positif HIV/AIDS dalam setahun.

iklan pdam

"Saya sering menemukan pendonor yang positif HIV/AIDS, seringnya dalam pengertian seminggu sekali jadi kira-kira 50 sample darah per tahun," ujar Ketua PMI Kota Makassar DR. Syamsu Rizal.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar yang akrab disapa Deng Ical menjelaskan pendonor darah yang terdeteksi penyakit menular itu akan langsung dirujuk ke klinik Voluntary Counseling and Tasting (VCT).

Baca Juga : Program HIV/AIDS, Kemenkes Beri Bantuan Teknis Mentoring Puskesmas di Enam Daerah

"Jadi akan dijelaskan kepada yang bersangkutan jika tidak diterima donornya dan sesampainya di VCT akan diperlihatkan samplenya, tugas kami hanya menscreening kemudian menyampaikan ke dinas yang menangani itu," jelasnya, kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan stok darah yang ditransfusikan di UTD PMI Kota Makassar dijamin seratus persen karena menggunakan teknologi uji scanning darah baru dengan sistem Nucletic Acid Test (NAT).

"Tinggal human eror yang mungkin terjadi karena secara technically sudah aman," ungkapnya.

Baca Juga : IAS Bareng Deng Ical Temui Ayah Bupati Selayar, Ini yang Dibahas

Deng Ical mengingatkan untuk tidak ragu menerima darah dari PMI, sebab sudah menjadi tanggung jawab dari para petugas di PMI untuk memastikan darah yang tertransfusi itu layak pakai.

"Bebas dari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk virus dan bakteri karena telah di screening oleh PMI dengan standar BPOM dan standar WHO," tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Firda
Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer