0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 13 Desember 2022 17:17

Inovasi Baru Cegah Stunting Siap Diluncurkan di Luwu Utara

Editor : Rahma
Ilustrasi/INT
Ilustrasi/INT

Kapsul Indah merupakan akronim dari Komunitas Remaja Putri Sehat untuk Luwu Utara melalui program Pemberian Tablet Penambah Darah.

PORTALMEDIA.ID, LUTRA- Inovasi menjadi salah satu instrumen penting dalam upaya mempercepat penurunan kasus stunting di Indonesia. Dengan inovasi pula, diharapkan ada langkah-langkah improvement atau pembenahan untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Berbicara inovasi tidak terlepas dari munculnya sebuah ide atau gagasan kreatif nan orisinil yang kemudian diimplementasikan dalam rangka memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Itulah kemudian, kenapa inovasi menjadi urgen penerapannya.

Terkait upaya mengakselerasi penurunan stunting di Indonesia, semua stakeholder yang terlibat harus bisa berpikir dan bertindak inovatif untuk memecahkan masalah yang ada, karena inovasi selalu berangkat dari masalah yang kemudian dipecahkan melalui inovasi.

Baca Juga : Silaturahmi ke Pengurus PKK Pangkep, Sofha Marwah Bahtiar Tekankan Percepatan Penurunan Stunting

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara memiliki beberapa inovasi yang terbukti berhasil menurunkan angka stunting pada 2021, berdasarkan SSGI. Di mana Kabupaten Luwu Utara menjadi daerah kedua terbaik setelah Makassar dalam penanganan stunting.

Sebut saja inovasi Antenatal Care (ANC) Hipnoterapi yang kemudian direplikasi dan melahirkan inovasi Hypnogreen. Kalau ANC Hipnoterapi fokus pada pengurangan keluhan pada ibu hamil di fase awal kehamilan, maka inovasi Hypnogreen fokus pada proses persalinan normal.

Inovasi lain adalah Getar Dilan, yaitu Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan. Inovasi ini dimaksudkan agar masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan. Salah satu kekuatan inovasi ini ada pada gerakan serentaknya dengan pelibatan masyarakat dan penyuluh pertanian.

Baca Juga : Spesial Hari Ibu, DWP Makassar Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Anak Stunting

Satu inovasi yang terbukti mampu menurunkan stunting adalah Kejar Stunting (Kelas Pijat Bayi Risiko Stunting). Tujuan inovasi ini untuk meningkatkan berat badan bayi hingga mencapai berat badan bayi sehat dan mencegah terjadinya gagal tumbuh dan kembang pada anak.

Berangkat pada penegasan bahwa inovasi tidak oleh berhenti, maka Pemda Luwu Utara bekerja sama dengan USAID ERAT kembali melahirkan sebuah inovasi dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Luwu Utara, yang diberi nama Kapsul Indah.

Kapsul Indah merupakan akronim dari Komunitas Remaja Putri Sehat untuk Luwu Utara melalui program Pemberian Tablet Penambah Darah. Perwakilan USAI ERAT, Baharuddin Makkutana, mengatakan, inovasi ini adalah inovasi yang mengepankan edukasi terhadap remaja putri.

Baca Juga : Sulsel Jadi Provinsi Pertama Luncurkan Pedoman dan Strategi Komunikasi Percepatan Penurunan Stunting

“Inovasi ini nantinya dikemas menarik. Kita ingin mengubah image tablet tambah darah agar bisa dikonsumsi para remaja putri kita,” kata Baharuddin, dalam pertemuan dengan perwakilan Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo-SP, belum lama ini, di Warkop Dg Azis, Masamba.

“Jadi, asumsinya bahwa tablet tambah darah ini bukan obat yang biasa dikonsumsi orang yang sakit. Nah, kami ingin mengubah mindset yang tadinya mungkin takut dengan tablet tambah darah menjadi tidak takut lagi. Makanya kemasan kita buat lebih menarik,” terangnya.

Kenapa harus inovasi ini? Pria yang akrab disapa Bahar ini menerangkan bahwa inovasi Kapsul Indah bertujuan untuk menciptakan atau melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas. “Tujuannya adalah kita ingin agar lahir generasi-generasi yang sehat dan kuat,” sebut dia.

Tak kalah pentingnya, kata dia, bagaimana inovasi Kapsul Indah ini lebih mengedepankan proses edukasi yang masif terhadap para remaja putri agar dapat mengonsumsi tablet tambah darah, yang notabene adalah suplemen makanan dengan kandungan zat besi dan folat.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Kunjungi Posyandu dan Tanam Cabai di Kelurahan Macanang

Terpisah, Bupati Indah Putri Indriani turut mengapresiasi lahirnya inovasi tersebut. Ia berharap, inovasi tersebut dapat mempercepat penurunan stunting di Luwu Utara. “Saya mengapresiasi lahirnya inovasi yang digagas teman-teman bersama USAID ERAT ini,” kata Indah.

Indah mengatakan, dengan mengubah tampilan menjadi lebih menarik, para remaja putri tidak lagi merasa takut untuk mengonsumsi tablet tambah darah ini. “Dengan mengubah tampilan, remaja kita dapat termotivasi untuk mengonsumsi tablet tambah darah ini,” imbuhnya.

“Kita berharap inovasi ini betul-betul mengubah cara pandang putri-putri yang ada di Luwu Utara, sehingga mereka mau mengonsumsi tablet tambah darah. Ini salah satu motivasi dari inovasi yang dihasilkan teman-teman Dinas Kesehatan dan USAID ERAT,” pungkasnya.

Dalam waktu dekat inovasi Kapsul Indah bakal diluncurkan atau di-launching oleh Bupati Luwu Utara. Sebelum launching, terlebih dahulu dilaksanakan workshop oleh USAID ERAT. Setelah dilakukan workshop dan launching, akan dilaksanakan kegiatan Training of Trainer.

Baca Juga : Pj Bupati Bantaeng Apresiasi Aplikasi Inzting untuk Pengentasan Stunting

Hadir dalam pertemuan di Warkop Dg Azis Masamba, perwakilan USAID ERAT Baharuddin Makkutana, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes dr. Nisma, S.Ked., M.Kes., Kepala Puskesmas Masamba, serta Pranata Humas Dinas Kominfo-SP Lukman Hamarong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar