0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 15 Juli 2022 01:39

Ini 4 Fitur WhatsApp yang Tak Banyak Orang Tahu

Editor : Rasdiyanah
Ini 4 Fitur WhatsApp yang Tak Banyak Orang Tahu
ist

Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, tapi semua pengguna smartphone di seluruh negara. Platform populer dari meta ini ternyata memiliki banyak fitur yang tidak semua orang tahu.

PORTALMEDIA.ID - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer di dunia dengan 2 miliar pengguna aktif. Platform punya beragam fitur yang bisa dipakai untuk meningkatkan pengalaman chatting pengguna.

Sayangnya, dari sederet fitur yang tersedia, ada beberapa yang belum digunakan pengguna secara maksimal. Pengguna mungkin juga belum mengetahuinya.

Dikutip dari kumparan.com, berikut beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang belum diketahui untuk memaksimalkan komunikasi menggunakan media sosial milik Meta ini:

Cari semua chat

Baca Juga : Ada Semacam Kewajiban Segera Balas Chat, Pengguna WhatsApp Hijrah ke SMS

Jika kamu pernah kesusahan menemukan pesan tertentu di WhatsApp dan bingung harus mencari ke mana, kamu bisa menggunakan fitur Pencarian.

Untuk pengguna iPhone, fitur ini agak tersembunyi. Kamu perlu menarik ke bawah halaman awal yang menampilkan daftar Chat.

Nantinya kotak pencarian akan langsung muncul. Kamu tinggal mengetik kata atau kalimat untuk melihat semua pesan yang muncul.
Sedangkan untuk pengguna Android, kamu tinggal ketuk Chat, lalu pilih ikon Search di bagian atas layar untuk memulai pencarian percakapan yang kamu cari.

 

Hapus file ukuran besar dari obrolan

Baca Juga : WhatsApp Bakal Hadirkan Tiga Fitur Keamanan Baru

Jika kamu perlu mengosongkan sebagian ruang penyimpanan media, kamu dapat dengan mudah menghapus foto, video, dan file tertentu secara selektif dari obrolan tertentu.

Caranya pergi ke Pengaturan, kemudian Penyimpanan dan Data. Kemudian ketuk Kelola Penyimpanan.

Di sini kamu akan melihat daftar semua obrolan beserta detail kapasitasnya. Pilih obrolan yang ingin kamu gunakan dan kamu akan melihat semua file besar di layar.

Baca Juga : Bikin Tato Terinspirasi dari Pesan-pesan WhatsApp, Pasutri Ini Viral di Jagat Internet

Untuk pengguna iPhone, kamu tinggal memilih obrolan yang diatas, ketuk Pilih, lalu tekan ikon Hapus di kanan bawah untuk menghapus file tersebut.

Sedangkan di HP Android, ketuk dan tahan setiap file hingga tanda centang muncul, lalu ketuk ikon Hapus di kanan atas.

Email chat ke diri sendiri

Jika kamu memerlukan rekaman percakapan permanen atau ingin mentransfer obrolan ke perangkat lain (seperti laptop) kamu bisa memanfaatkan fitur transfer chat via email. Dengan ini kamu dapat dengan mudah menyalin informasi penting.

Baca Juga : Terungkap di Pengadilan, Galon hingga Sembako, Istilah Teddy Minahasa Samarkan Transaksi Sabu

Untuk pengguna iPhone, kamu tinggal ketuk Pengaturan lalu Obrolan.

Untuk pengguna HP Android, kamu harus mengetuk Riwayat Obrolan untuk membuka opsi Ekspor Obrolan. Jika sudah, pilih Ekspor Obrolan dan memilih obrolan yang ingin kamu kirim.
Nantinya akan muncul pop-up opsi apakah kamu ingin mengekspor media atau hanya teks. Pilihan untuk berbagi obrolan akan muncul. Pilih email jika kamu ingin menyimpan riwayat percakapan di email.

Atur wallpaper chat untuk kontak tertentu

WhatsApp memberikan kebebasan buat pengguna untuk mengatur wallpaper sesuai yang mereka inginkan. Tak hanya untuk semua chat, kamu juga bisa menyetel wallpaper secara khusus untuk obrolan tertentu, sehingga setiap halaman chat terlihat berbeda.

Baca Juga : Sisi Lain dari Banjir Makassar, Editan Kampanye 'Semua Tambah Banjir' hingga 'Lagu Sepanjang Jalan Genangan'

Untuk pengguna iPhone, kamu bisa mengatur wallpaper sesuai yang kamu inginkan dengan mengetuk ketuk nama kontak di bagian atas percakapakan. Ketuk Wallpaper & Suara, lalu Pilih Wallpaper Baru. Jika sudah menentukan, pilihan pilih Setel.

Sedangkan untuk pengguna Android, buka chat kontak yang ingin kamu pasang wallpaper-nya, ketuk menu tiga titik, dan tekan change untuk memilih Wallpaper. Pilih wallpaper yang kamu inginkan dan ketuk Set.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer