0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Sabtu, 24 Desember 2022 14:51

Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Makassar, Pohon Tumbang dan Genangan Dimana-mana

Penulis : Reza Rivaldi
Editor : Rahma
Pohon tumbang robohkan pagar tembok SD di Makassar/IST
Pohon tumbang robohkan pagar tembok SD di Makassar/IST

Hujan lebat disertai dengan angin kencang yang melanda Kota Makassar menyebabkan pohon tumbang dan banjir dimana-mana

 

PORTAL MEDIA ID. MAKASSAR-- Hujan lebat disertai dengan angin kencang yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya sejak Jumat (23/12/2022) kemarin hingga Sabtu (24/12/2022) siang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan ruas jalan tergenang air.

Salah satu insiden pohon tumbang terjadi di Jalan Balang Turungan, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulsel. Di sana, tembok Sekolah Dasar (SD) Inpres Daya rubuh akibat tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga : BMKG Prediksi 19 Provinsi Akan Diguyur Hujan Lebat

Kapolsek Biringkanaya, Kompol Andi Alimuddin mengatakan, pohon besar itu roboh diperkirakan pada dini hari tadi hingga menimpa tembok pagar sekolah yang tingginya kurang lebih mencapai 7 meter.

"Itu tembok sekitar 7 meter, rubuh karena terkena pohon tumbang. Tidak ada korban kejadian subuh tadi, karena pagi, kelas tidak ada rusak, cuma temboknya rubuh, tembok samping sekolah," Jelas Andi Alimuddin kepada Portalmedia, Sabtu siang.

Baca Juga : Hasil Survei Dunia IMD-WCC: Kota Paling Pintar di Indonesia, Makassar Urutan Berapa?

Pohon tumbang juga terjadi di depan Gereja Bukit Zaitun yang terletak di ruas Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Sulsel.

Pohon besar itu diperkirakan roboh sekira pukul 03:00 wita pagi tadi. Akibatnya pohon besar itu sempat menutup ruas jalan depan gereja dan membuat panik sebagian warga sekitar.

Pohon jenis trambesi itu pun kini telah di evakuasi petugas agar tidak menghalau arus lalu lintas.

Baca Juga : Keluarga Besar Perumda Air Minum Kota Makassar Rayakan Natal di Hotel Royal Bay


Banjir Kepung Makassar

Cuaca ekstrim juga membuat sejumlah ruas jalan protokol di Kota Makassar tergenang air. Salah satunya di bilangan Jalan Talasalapang, Kecamatan Rappocini.

Dari pantauan di lokasi air kini telah menggenangi jalan protokol tersebut, ketinggian air diperkirakan telah mencapai betis orang dewasa.

Baca Juga : Awas! BPBD Makassar Sebut Empat Kecamatan Rawan Banjir di Musim Hujan

Sebagian kendaraan juga yang memaksa melintas di titik banjir mengalami mogok.

Salah satu titik banjir yang di Jalan Talasalapang (Portal Media/Reza)

Air juga menggenangi ruas Jalan Jipang Raya, disini kendaraan pun harus berjalan perlahan agar tidak mengalami mogok. Diperkirakan titik air di lokasi juga sudah mencapai betis orang dewasa.

Baca Juga : Pohon Tumbang hingga Atap Wisma Negara CPI Makassar Ambruk Dihantam Hujan dan Angin Kencang

Selain itu, tanggul penahan ombak di Pulau Lae-lae, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar dikabarkan jebol akibat tingginya pasang ombak sejak Jumat kemarin.

Aparat kepolisian setempat pun kini mengimbau warga agar tetap berhati-hati jika melakukan perjalanan laut menuju Pulau Lae-lae. Beberapa titik tanggul pun kini sementara dalam perbaikan petugas dibantu warga.

"Mengantisipasi pasang ombak sore nanti, beberapa titik tanggul penahan ombak yang jebol sudah kami tutup kembali dengan dibantu beberapa warga dengan memakai batu yang berhamburan akibat dari air pasang kemarin sore," Kata Kapolsek Ujung Pandang, Kompol Syarifuddin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer