0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 21 Maret 2023 19:28

Sering ke Toraja, Pengamat Nilai Danny Pomanto Mulai Safari Politik Pilgub

Penulis : Nurfitri
Editor : Rasdiyanah
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat Silaturahmi Bersama Tokoh Masyarakat Sidrap, Sabtu (18/03/2023). Foto: ist
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat Silaturahmi Bersama Tokoh Masyarakat Sidrap, Sabtu (18/03/2023). Foto: ist

Pengamat Politik menilai Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mulai melakukan safari politik Pilgub Sulsel meski tidak dalam balutan kampanye.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto semakin gencar mencari perhatian masyarakat terkait keinginannya untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel). Toraja menjadi daerah sasaran untuk mendapatkan peluang suara.

Pengamat Poitik Universitas Hasanuddin Makassar Andi Ali Armunanto tak memungkiri kunjungan Danny Pomanto ke daerah-daerah khususnya Toraja merupakan gerakan-gerakan yang diarahkan untuk mendapatkan dukungan politik.

Andi menjelaskan meski agenda Danny ke Toraja untuk keperluan pelantikan IKA UNHAS di Toraja ia menyebut aktivitas Danny dalam mensosialisasikan dirinya juga bagian dari rencana kunjungan.

Baca Juga : Danny Pomanto Deklarasi Pemilu Damai dan Berkualitas Bareng DLD Indonesia

Kelompok-kelompok gereja Sinode Toraja yang berada di Makassar memiliki hubungan baik dengan Danny Pomanto sudah sejak lama. Ungkap Andi saat dihubugi portalmedia.id, Selasa (21/03/2023).

“Bahkan salah satu pemimpin gereja Toraja Sinode yaitu Pendeta Niko dan juga tokoh Toraja seperti Mario David juga dekat dengan Danny, saya rasa ini dijadikan kesempatan untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat Toraja,” ungkap Andi.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan, masyarakat Toraja atau pemilih di Toraja terkenal dengan kesolidaritasannya, terutama pemilih yang beragama Kristen.

Baca Juga : Alumni Fakultas Kedokteran Unhas Kumpulkan Donasi Ratusan Juta Untuk Rehabilitasi Gedung

“Toraja itu pemilihnya lumayan solid khususnya pemilih kristen, itu lumayan solid,” tegas Andi.

Hal ini bisa menjadi modal sosial Danny untuk maju Pilgub kalau memang nantinya mendapat dukungan penuh dari Gereja Sinode Toraja.

“Karena kita tau juga Gereja Sinode Toraja punya pengaruh yang kuat di Tana Toraja,” pungkas Andi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Gugat UU Pilkada ke MK

Andi juga menanggapi terkait kunjungan Danny Pomanto ke Kabupaten Sidrap beberapa waktu lalu yang dinilai juga merupakan agenda safari politik Danny meski tidak ada pemberitahuan secara resmi.

“Mungkin salah satu barteningnya nanti dengan Fatmawati Rusdi, bagaimana membantu Danny di Sidrap yang notabene bekas daerah kekuasaannya Rusdi Masse yang tentu saja dia punya pengaruh di situ, masih punya pengaruh orang-orang yang kemungkinan besar masih cukup banyak untuk mendukung Danny,” tambah Andi.

Untuk diketahui, dalam 7 bulan terakhir Danny selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan besar di Toraja. Mulai dari Magical Toraja pada Agustus 2022 lalu hingga peringatan 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT) pada 15 Maret 2023 lalu.

Baca Juga : Danny Pomanto: Manfaatkan Jejaring Wujudkan Pemilu Damai

Pada kunjungan event Magical Toraja Danny bahkan diberi kesempatan untuk memberikan sambutan. Magical Toraja digagas oleh pengurus pusat dan lokal perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Toraja ke-775 serta menyambut G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar