0%
Kamis, 18 Agustus 2022 23:27

Soal Harga Tiket Pesawat Melambung, Menhub Berharap Solusi Subsidi dari Pemda

Editor : Rasdiyanah
Ilustrasi. Foto: istock
Ilustrasi. Foto: istock

Menteri Perhubungan, Budi Karya menyebut salah satu solusi dari kenaikan harga tiket pesawat yang saat ini melambung adalah subsidi dari pemda.

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah sedang mencari keseimbangan harga tiket pesawat agar tidak terlalu tinggi sehingga menyumbang inflasi.

Budi menyebut, satu hal yang penting untuk menekan harga tiket pesawat, adalah kesertaan dari pemerintah daerah (pemda) untuk sharing, memberikan subsidi kepada masyarakat karena banyak inefisiensi terjadi di daerah. 

"Beberapa angkutan pesawat keterisiannya tidak sampai 50 persen sehingga mendorong maskapai harus menetralisasi harga," ujar Budi, seusai mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 yang dipimpin Presiden Joko Widodo, dikutip dari kompas, Kamis (18/8/2022). 

Baca Juga : Kemenhub: Harga Tiket Pesawat Melonjak Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

"Kalau ada subsidi, mereka membantu memasarkan hingga okupansi naik, harga akan bisa dipertahankan. Harga itu kan berbanding lurus dengan keterisian dan banyak sekali di daerah yang keterisiannya di hari tertentu rendah, ini yang harus di-manage," lanjut Budi.

 

Meski begitu, Budi Karya mengakui bahwa kenaikan harga avtur juga mengakibatkan harga tiket pesawat naik.

Baca Juga : KPK Panggil Menhub Budi Karya di Jumat Keramat, Kasus Apa?

"Tapi ada manajemen yang harus dikoordinasikan juga dengan daerah agar inflasi tidak menjadi tinggi. Kita ajak per klaster misalnya Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan, Aceh dan daerahnya kita ajak bicara," ungkap Budi Karya.

"Kita ajak mereka ikut sama-sama mencari tingkat okupansi yang lebih baik sehingga harga bisa lebih baik," tambah dia.

Budi Karya pun menyebutkan sudah berupaya berkomunikasi dengan pemerintah daerah terkait dengan subsidi dari pemda tersebut.

Baca Juga : Musim Mudik, Menhub Ingatkan Maskapai Penerbangan Tak Naikkan Harga Tiket Sepihak

"Sudah (komunikasi) dan ini hari ini dengan adanya perintah Presiden akan semakin kita intensifkan," ungkap Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar