0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Jumat, 26 Agustus 2022 18:40

Politeknik ATI Makassar Cetak 19 Lulusan Program Setara D1, Langsung Kerja di Petrokimia Gresik

Editor : Rasdiyanah
Kegiatan pelepasan 19 lulusan Politeknik ATI Makassar, yang terserap kerja di Petrokimia Gresik, Jumat (26/8/2022). Foto: dok
Kegiatan pelepasan 19 lulusan Politeknik ATI Makassar, yang terserap kerja di Petrokimia Gresik, Jumat (26/8/2022). Foto: dok

Politeknik ATI Makassar baru saja mencetak 19 lulusan program Vokasi Industri setara D1 yang langsung terserap bekerja di PT Petrokimia Gresik.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Politeknik ATI Makassar berhasil mencetak 19 lulusan Program Vokasi Industri Setara D1. 19 lulusan ini langsung terserap bekerja di PT Petrokimia Gresik.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri mengatakan, ke-19 lulusan dari program ini berasal dari jurusan Teknik Perawatan Mesin yang telah mengikuti program tersebut selama satu tahun sejak Agustus 2021 hingga Juli 2022.

"Tidak hanya mengikuti perkuliahan, mereka juga menjalani praktik industri dan uji kompetensi," ujar Basri dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022). 

Baca Juga : Kemenperin Antisipasi Dampak Situasi Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

"Ini kerja sama antara Politeknik ATI Makassar dengan PT Petrokimia Gresik untuk menyiapkan SDM industri yang andal dan profesional serta memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri," lanjut Basri. 

Untuk program ini sendiri, Politeknik ATI Makassar telah melaksanakannya sejak 2017 hingga hari, dengan jumlah alumni sudah mencapai 215 orang. 

Basri menyebutkan, pada 2021, Kemenperin telah memfasilitasi 981 mahasiswa untuk mengikuti program tersebut yang tersebar di 21 kabupaten/kota di 11 provinsi.

Baca Juga : Politeknik Kemenperin di Makassar Hibahkan Mesin Perajang Pisang ke IKM

"Tujuannya untuk mengatasi permasalahan SDM Industri, seperti tingginya jumlah pengangguran, tingkat pendidikan angkatan kerja yang rendah, dan produktivitas tenaga kerja yang masih rendah," jelas Arus.

Pendidikan Setara D1 kerja sama Industri juga merupakan bagian dari kebijakan Corporate University BPSDMI Kemenperin. Di mana, Politeknik ATI Makassar dan Politeknik APP Jakarta harus mewujudkan salah satu misinya, yaitu menyelenggarakan pendidikan dual system berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan mengembangkan kelas industri.

Direktur Keuangan dan Umum PT Petrokimia Gresik, Budi Wahyu Soesilo menjelaskan, program kerja sama ini sebagai kepedulian PT Petrokimia Gresik terhadap masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, untuk membantu pemerintah merevitalisasi pendidikan berbasis kompetensi yang link and match dengan industri.

Baca Juga : GMTD Bagikan Puluhan paket Sembako kepada Petugas Kebersihan di Area Tanjung Bunga

Adapun Program Vokasi Industri Setara D1 ini bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian bersama PT Petrokimia Gresik, melalui Politeknik ATI Makassar dan Politeknik APP Jakarta sebagai penyelenggara.

Dalam program ini, mahasiswa mendapat kurikulum spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga setelah lulus mereka bisa langsung bekerja di industri.

Kegiatan pelepasan yang berlangsung Jumat (26/8/2022) dihadiri langsung Kepala BPSDMI Kemenperin Arus Gunawan, Direktur Keuangan dan Umum PT Petrokimia Gresik Budi Wahyu Soesilo, serta Direktur Operasi dan Produksi Digna Jatiningsih. Hadir pula Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri bersama jajaran dan Direktur Politeknik APP Jakarta, Amrin Rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar

Populer