0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 31 Oktober 2022 06:41

7 Teknologi Jepang yang Berpengaruh di Dunia hingga Saat Ini

Editor : Redaksi
7 Teknologi Jepang yang Berpengaruh di Dunia hingga Saat Ini
ist

Kemunculan teknologi ini dibuat untuk menunjang kebutuhan manusia setiap harinya. Beberapa di antara teknologi Jepang ini pasti sudah pernah kamu gunakan.

PORTALMEDIA.ID – Negara Jepang menjadi negara maju yang memiliki perkembangan teknologi cukup cepat. Banyak teknologi Jepang yang berpengaruh di dunia hingga saat ini.

Kemunculan teknologi ini dibuat untuk menunjang kebutuhan manusia setiap harinya. Beberapa di antara teknologi Jepang ini pasti sudah pernah kamu gunakan, berikut daftar lengkapnya.

1. DVD (Digital Video Disk)

Baca Juga : Roller Coaster Tercepat di Dunia Bakal Tutup Permanen

DVD diproduksi dalam dua format, yakni MMCD dan SD. Dalam perilisannya, DVD MMCD pertama kali dirilis oleh Sony dan Phillip, sedangkan dalam format SD dirilis oleh Toshiba, Warner, dan Matsushita dari Jepang.

Meski sekarang kepopuleran DVD cukup meredup, Digital Video Disc ini pernah menjadi andalan pada masanya untuk memutar film atau musik.

2. Walkman

Baca Juga : Samsung Hadirkan Peralatan Dapur Canggih, Didukung Teknologi AI di CES 2024

Pada tahun 1979, Sony pertama kali merilis walkman, sejenis headphone yang digunakan untuk memutar lagu. Salah satu perusahaan dari Jepang ini berhasil membuat walkman digunakan sebanyak 220 juta unit di seluruh dunia.

3. Shinkansen

Shinkansen atau kereta cepat pertama kali diproduksi pada tahun 1964 di Jepang. Kereta ini berjalan sangat mulus dan sangat cepat. Berkat kesuksesan kereta cepat ini, banyak perusahaan dunia lainnya yang mengikuti jejak Shinkansen sebagai transportasi darat super cepat.

Baca Juga : Unibos Kini Kembangkan Program Magang International: Siap-siap Kirim Puluhan Mahasiswa ke Jepang

4. Antena TV

Antena TV ditemukan oleh Yagi Hidetsugu dan Uda Shintaro. Mereka berdua melakukan eksperimen saat berkuliah di Tohoku University pada 1920. Antena yang diciptakan dapat menangkap gelombang pendek yang bisa kita gunakan untuk menangkap siaran TV secara mudah.

5. Kalkulator elektronik

Baca Juga : Unismuh Bakal Kirim Mahasiswa Magang International ke Jepang

Kalkulator elektronik menjadi perangkat utama para pelajar hingga pedagang dalam menghitung. Casio, perusahaan Jepang yang berdiri di kota Shibuya, pertama kali menciptakan kalkulator elektronik pada tahun 1957. Mereka pertama kali meluncurkan produk Casio 14-A.

6. Rice cooker

Rice cooker menjadi alat penanak nasi yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Produk ini dapat memudahkan pekerjaan para ibu rumah tangga menyiapkan makanan untuk keluarga.

Baca Juga : Unibos Kukuhkan 1162 Wisudawan, Rektor Harap Para Alumni Kuasai Teknologi

Tahukah kamu? Rice cooker pertama kali diciptakan tahun oleh Mitsubishi Electronic Corporation yang disempurnakan oleh Yoshitada Minami sehingga sukses di pasaran sejak tahun 1956.

7. Mesin karaoke

Karaoke merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang, yakni Kara atau Karappo yang berarti 'kosong' dan oke atau okesutura yang memiliki arti 'orkestra'. Mesin karaoke pertama kali diciptakan oleh Daisuke Inoue pada tahun 1971.

Itu dia beberapa teknologi Jepang yang paling berpengaruh di dunia dan masih digunakan secara global hingga saat ini. Sangat canggih, ya!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar