0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Rabu, 30 November 2022 18:44

Program Kampus Merdeka, Sukses Antarkan Mahasiswa Jadi Pemimpin Muda

Penulis : Gita Oktaviola
Editor : Rasdiyanah
Cluster Sales Manager (CSM) Indosat Maros, Elsa Milenia Baralangi. Foto: Portalmedia/Gita
Cluster Sales Manager (CSM) Indosat Maros, Elsa Milenia Baralangi. Foto: Portalmedia/Gita

Indosat memiliki program "Merdeka Belajar" yang memberikan kesempatan bagi sebagian mahasiswa yang ingin magang dan mencoba dunia kerja. Namun, tak hanya menjadi program magang, Merdeka Belajar ini menjadi model rekrutmen bahkan keluarannya ada yang telah sukses menjadi pemimpin muda di Maros, Sulsel.

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - "Wanita mandiri, berkarakter, dan berwibawa. Akan selalu dihormati dan dijunjung tinggi di mana pun ia berada". Itulah salah satu ungkapan yang patut disematkan untuk seorang perempuan sukses di usia mudanya.

Adalah Elsa Milenia Baralangi, nama lengkap dari Cluster Sales Manager (CSM) Indosat Maros. Seorang wanita yang masih sangat muda jika dilihat dari posisinya saat ini yang menduduki kepemimpinan wilayah Maros. Tepatnya di usia 22 tahun, karirnya sudah sangat diperhitungkan. 

Terinspirasi dari karirnya yang gemilang di usia yang sangat muda, Portalmedia.id berkesempatan bertemu dan bercerita tentang awal karir dari alumni Teknik Unhas ini. 

Baca Juga : Unhas Launching MIS Tingkatkan Kualitas Pengajar dan Mahasiswa

Waktu itu, 13 November 2022. Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Fakultas Teknik cukup cerah. Kampus merah yang terletak di Gowa itu menjadi tempat pertemuan penulis dengan perempuan yang karib disapa Elsa itu. 

Saat sampai di gedung yang didominasi warna putih tersebut, beberapa mahasiswa calon magang dari program "Kampus Merdeka" nampak sibuk berdiskusi. 

Elsa memang saat penulis temui, sedang mempersiapkan program magang batch 4 dari program "Kampus Merdeka" dari Indosat, program yang sebelumnya sukses diikuti oleh Elsa yang membawanya meniti karir di provider seluler tersebut hingga menduduki posisinya saat ini. 

Baca Juga : Ikatek Pertambangan Unhas Jalin Kerja Sama dengan PT Tiran di Reuni 2 Dekade

"Jadi, di atas kertas ini, harus ki' buat ide menarik untuk penjualan," ujar perempuan berkacamata dengan dialek khas Makassar di depan 5 orang temannya, yang cukup terdengar jelas saat penulis melintasi sekelompok mahasiswa ini. 

Hawa panas ruangan itu, tak menyurutkan semangat mahasiswa untuk tetap fokus menyelesaikan tugasnya. Sesekali, mereka menulis di atas kertas karton lalu berdiskusi kembali dengan rekannya. Keseriusan mereka tercermin dari raut wajah dan gelagat yang tangkas.

Di saat yang lain sedang menyalurkan ide kreatif untuk program "Kampus Merdeka" besutan Indosat Ooredoo, portalmedia.id diarahkan ke lantai 2 gedung teknik oleh panitia.

Baca Juga : Unhas dan Unismuh Bantah Mahasiswanya Ikut Program Ferienjob ke Jerman

Di sana, suasana sangat ramai. Ocehan mahasiswa terdengar jelas saat keluar dari lift gedung itu. Saat menoleh ke kanan, penulis disambut oleh perempuan berbaju kuning dan bercelana jeans yang datang menghampiri, yang tidak lain adalah Elsa Milenia Baralangi.

Mengawali cerita, Elsa mulai menjelaskan jika dirinya mulai aktif mengikuti program "Kampus Merdeka" pada tahun 2020 hingga 2021. Selama program berlangsung kata dia, ada banyak hal yang dipelajarinya.

"Saya mulai diajarkan tentang bagian komersial, distribusi, marketing dan data analis. Jadi, tiga pelajaran ini saling berkaitan," ucapnya sambil tersenyum.

Baca Juga : Perjuangkan Kesetaraan Gender dalam Sains, Unhas Sepakati Kerja Sama dengan OWSD

Kebetulan, tutur Elsa, kesempatan yang diraihnya itu, adalah salah satu proses magang. Kesempatan emas dilakoninya tepat semester 7 di Fakultas Teknis Unhas. Waktu itu, ia bersama 14 temannya diberi kesempatan untuk ikut magang di program "Kampus Merdeka".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar