0%
karangan bunga makassar
Rabu, 25 Januari 2023 22:37

Aktif Bela Hak Pekerja Jadi Modal Sosial Eks Petinggi Polda Sulsel Ini Bersaing di Pilwalkot Makassar

Penulis : Reza Rivaldi
Editor : Rahma
Brigjen Pol (Purn) Adeni Muhan Daeng Pabali yang akrab disapa dengan sebutan 'Puang Tindizzz' bertekad maju di Pilwalkot Makassar (Portal Media/Reza)
Brigjen Pol (Purn) Adeni Muhan Daeng Pabali yang akrab disapa dengan sebutan 'Puang Tindizzz' bertekad maju di Pilwalkot Makassar (Portal Media/Reza)

Kemunculan sosok Brigjen Pol (Purn) Adeni Muhan Daeng Pabali yang akrab disapa dengan sebutan 'Puang Tindizzz' ini belakangan menjadi perbincangan

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR- Figur baru mulai bermunculan jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak yang dihelat pada 2024 mendatang, dimana diantaranya dirangkaikan dengan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar. Sosok-sosok baru kini mulai mencari panggung.

Kemunculan sosok Brigjen Pol (Purn) Adeni Muhan Daeng Pabali yang akrab disapa dengan sebutan 'Puang Tindizzz' ini belakangan menjadi perbincangan di warung-warung kopi, utamanya warga Kota Makassar sendiri sebagai pemilih.

iklan pdam

Latar belakang Puang Tindizzz sebagai mantan petinggi di kepolisian Polda Sulsel, menjadi magnet orang-orang ingin mengenal sosoknya. Sebab sepanjang perpolitikan Pilwalkot Makassar, sangat jarang figur dari kepolisian tampil. Mayoritas dari kalangan politisi, pengusaha, birokrat dan akademisi.

Baca Juga : Kerap Banjir hingga Ganggu Pelayanan, Warga Minta Kantor Polsek Ujung Tanah Dipindahkan

Atas dasar itu, Eks Kasat Brimob Polda Sulsel itu bertekad untuk memberi warna baru perpolitikan Makassar. Saat ini ia mengaku mulai aktif mengkampanyekan keinginannya mencalonkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Makassar 2024.

Pendorong utama Adeni Muhan ingin maju lantaran ingin kembali mengabdikan diri kepada warga Kota Makassar. Sebulan menjalani status sebagai pensiunan Polri, ia mengaku rindu dengan aktivitasnya berbaur dan melayani masyarakat.

Hal ini lantaran Puang Tindizzz diketahui selain aktif di lembaga kepolisian selama 32 tahun, dia juga banyak menempati posisi strategis.

Baca Juga : Uang Kejahatan yang Mengalir ke Parpol Akan Diusut Polri Jelang Pemilu 2024

"Sebelum pensiun jenderal polisi bintang satu saya pernah menjabat Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Migran Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.,"katanya.

Di tempat itu ia banyak membela para pekerja imigran Indonesia yang mendapatkan perlakuan tidak adil. Ini disebutnya bisa menjadi modal sosial ia maju di Pilwalkot Makassar.

Meski merupakan orang baru di dunia politik Puang Tindizzz sangat yakin bisa bersaing. Terlebih pengalamannya saat masih aktif di Korps Bhayangkara yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : KPU Makassar Buka Lowongan 4.170 Orang Calon Pantarlih, Cek Syaratnya!

Jadikan Makassar sebagai Kota Aman Bagi Pebisnis

Mencalonkan diri di perhelatan politik seperti Pilwakot Makassar, kata Puang Tindizzz tidak cukup hanya membawa segudang prestasi. Terpenting adalah membawa visi dan misi untuk mengubah daerah itu menjadi lebih baik.

Puang Tindizzz mengutarakan keinginan besarnya untuk menjadikan Kota Makassar sebagai kota bisnis yang aman dan nyaman bagi semua kalangan. Konsep inilah yang akan dirinya bawa ketika mencalonkan nanti.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, Dewan Pers Ingatkan soal Kebebasan Berekspresi

Dengan begitu aktivitas bisnis yang berlangsung selama ini bisa lebih menjamin kesejahteraan masyarakat untuk semua kalangan. Pemerataan ekonomi, akses yang adil untuk semua kelompok masyarakat kata dia perlu dibuka.

"Kalau saya diberi kesempatan, saya inginkan bahwa Makassar ini berbeda dengan kota lain. Menjadi kota bisnis yang menjamin peningkatan kesejahteraan bagi warganya. Itu tidak terlepas dari pengalaman saya di lapangan," ungkapnya.

Kata Puang Tindizz, suatu bisnis hanya akan berjalan baik di sebuah daerah apabila keamanan dan kenyamanannya tercipta. Pastinya sebagai mantan perwira tinggi Polri, dia sudah sangat paham untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga : Makam Mahasiswa FT Unhas yang Meninggal saat Ikuti Diksar Mapala 09 Dibongkar

Bagi Puang Tindizzz tidak masalah dirinya baru dalam dunia politik. Sebab, langkahnya untuk maju sebagai bakal calon sudah ditopang dengan niat yang bulat untuk kembali mengabdi kepada negeri dan masyarakat.

Urusan masuk atau tidaknya dia dalam bursa kandidat nantinya, keputusan ada di tangan masyarakat. Lulusan Akpol 1990 ini sekarang dikatakannya mulai fokus untuk meningkatkan elektabilitas dan popularitasnya.

Tak Gentar Hadapi Pesaing Politisi

Puang Tindizzz juga mengaku tidak gentar meski pesaing-pesaingnya adalah tokoh-tokoh yang sudah lama berkecimpung di dunia politik.

"Ini hanya adu gagasan. Makanya di awal ini saya ingin mengajak kepada teman-teman yang lain untuk maju, karena itu hak preogratif masing-masing sebagaimana diatur dalam Undang-Undang," ucapnya.

Kendati begitu, harus diakuinya bahwa sebagai orang baru di pentas politik dirinya harus lebih banyak membangun relasi. Bahkan dengan bakal calon yang lain.

Menurut dia, bakal calon yang sudah bermunculan sekarang jelas punya potensi yang sangat baik untuk menang. Oleh karena itu, ia harus memastikan diri bisa jauh lebih siap dari yang lain, terutama menyiapkan gagasan yang akan direalisasikan nanti.

"Supaya tinggal masyarakat yang akan menilai, di antara orang yang hebat ini, siapa yang akan bermanfaat untuk semua," terangnya.

Mantan Kabag Ops Polda Sulsel ini pun mulai sering terlihat berbaur dengan kelompok-kelompok masyarakat melalui kegiatan bakti sosial dan sejenisnya. Hal ini sebenarnya sudah lama menjadi kebiasaan Puang Tindizzz sendiri bahkan ketika masih aktif di Polri.

Kebiasaan ini juga lah yang ia harapkan mampu membuat dirinya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai bakal calon nanti.

Di sisi lain, Puang Tindizzz juga mulai aktif untuk mendekatkan diri ke partai politik. Ada beberapa partai besar yang orang-orang di dalamnya cukup dengan dirinya.

Kendati begitu, belum terlihat kalau dirinya segera akan bergabung dengan partai politik. Terpenting, bagi dia sekarang ini adalah dekat dengan partai maupun jaringan politik.

"Kalau silaturahmi, banyaklah. Saya tidak tahu apakah merah, kuning atau biru. Yang jelas kita ketemu dan saya selalu mohon doa restu untuk maju," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer